Wednesday , 15 August 2018

Home » NEWS » NASIONAL » YKI gelar deteksi dini di Kali Adem Jakarta
YKI gelar deteksi dini di Kali Adem Jakarta

YKI gelar deteksi dini di Kali Adem Jakarta

May 9, 2017 8:19 am by: Category: NASIONAL, NEWS Leave a comment A+ / A-

Jakarta, INEWSAIR – Untuk merayakan ulang tahunnya yang ke-40, Yayasan Kanker Indonesia bekerja sama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan bekerja sama menggagas kegiatan kesehatan untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan kesadaran masyarakat di pesisir pantai terkait penyakit kanker dan pentingnya pola hidup sehat dalam mencegah kanker.

Ketua Panitia HUT YKI ke-40 drg Sally Sudrajat,Sp.OM menytakan pilihan untuk menyasar para nelayan di Kali Adem, Muara Angke ini didorong oleh lokasi yang dekat dan karena sangat concern-nya Menteri KKP Susi Pudjiastuti pada nasib nelayan.

“Kegiatan ini akan menyasar pada bapak, ibu dan anak di wilayah Kali Adem, untuk mendapatkan pemeriksaan deteksi dini, yaitu Deteksi Dini Kanker Paru-paru untuk bapak, Deteksi Dini Kanker Serviks dan Kanker Payudara untuk ibu dan Deteksi Dini Kanker Retinoblastoma untuk anak-anak,” papar drg Sally saat acara berlangsung di Kali Adem Jakarta, Minggu (7/5).

Pemilihan jenis kanker ini, didasarkan atas dasar saat ini ketiga kanker tersebutlah yang menjadi penyebab tertinggi kematian pasien.

“Target kegiatan ini adalah penurunan angka kematian yang diakibatkan oleh kanker dan juga angka penderita. Pengobatan tidak dapat menurunkan tingkat kematian, karena seringkali pasien yang datang sudah dalam stadium lanjut, yang tingkat harapan hidupnya sudah menurun,” papar Prof. DR. Aru Sudoyo selaku Ketua Umum Yayasan Kanker Indonesia.

Prof Aru menjelaskan bahwa tingkat harapan hidup penderita kanker stadium awal itu antara 74% hingga 93%. Tapi jika sudah memasuki stadium lanjut, atau stadium 3 dan selanjutnya, maka tingkat harapan hidup menurun hingga 1% hingga 15% saja, bergantung pada jenis kankernya.

“Tujuan kegiatan edukasi ini adalah untuk mengembangkan kesadaran pada masyarakat bahwa kanker bisa dicegah dengan menggalakkan hidup sehat dan melakukan deteksi dini secara teratur,” ucap Prof Aru.

Prof Aru menegaskan bahwa faktor keturunan hanya memiliki porsi 20% pada histori penderita kanker, dibandingkan lingkungan yang mempengaruhi hingga 80%.

“Salah satu yang dapat dilakukan adalah menjaga tetap mengkonsumsi makanan yang sehat dan tanpa pengawet, berolahraga secara teratur, menghindari rokok dan minuman keras,” lanjut Prof Aru.

Dicontohkan, makanan yang mampu menjadi pemicu kanker adalah daging merah yang dimasak dengan temperatur tinggi sehingga menyebabkan ujung daging gosong. Menurut  penelitian, daging yang seperti ini mampu memicu pertumbuhan kanker si badan manusia.

Terkait rangkaian acara, acara yang melibatkan 1.000 nelayan ini dimulai dengan senam sehat pada pukul 06.30 pagi yang dipimpin oleh instruktur senam sehat dari Angkatan Laut. Dan dilanjutkan dengan sambutan dari Prof Aru selaku Ketua Umum YKI dan Menteri Susi Pudjiastuti, yang dilanjutkan dengan demo masak bahan dasar makanan laut dari keduanya.

“Demo masak ini, merupakan suatu bentuk edukasi dari Prof Aru dan Menteri Susi, untuk menunjukkan bagaimana makanan laut diolah menjadi makanan sehat dan bergizi,” ucap drg Sally.

Bersamaan dengan kegiatan ini, berlangsung pula pemeriksaan pada bapak, ibu dan anak yang sudah didaftar sesuai dengan nomor identitas kependudukan di lokasi yang tidak begitu jauh dari pelaksanaan senam.

“Setelah itu acara berlanjut, dengan penilaian untuk perlombaan 40 kapal hias milik nelayan, yang diikuti dengan pelayaran kapal pemenang dengan disertai oleh Prof Aru dan Menteri Susi,” kata drg Sally menambahkan.

Acara diakhiri dengan dibacakannya ikrar Sahabat YKI oleh 30 dokter muda dan pembagian 1.200 paket sembako pada masyarakat nelayan, yang bernilai sekitar Rp120 juta, sumbangan para donatur YKI.(AAN)

YKI gelar deteksi dini di Kali Adem Jakarta Reviewed by on . Jakarta, INEWSAIR - Untuk merayakan ulang tahunnya yang ke-40, Yayasan Kanker Indonesia bekerja sama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan bekerja sama meng Jakarta, INEWSAIR - Untuk merayakan ulang tahunnya yang ke-40, Yayasan Kanker Indonesia bekerja sama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan bekerja sama meng Rating: 0

Leave a Comment

scroll to top