Wednesday , 23 May 2018

Home » EKBIS » Upaya BAZNAS Bangkitkan Ekonomi Mustahik
Upaya BAZNAS Bangkitkan Ekonomi Mustahik

Upaya BAZNAS Bangkitkan Ekonomi Mustahik

dok.istimewa

January 18, 2018 1:11 pm by: Category: EKBIS Leave a comment A+ / A-

Bogor, INEWSAIR – Sedikitnya 600 unit Z-Mart yang berada di kawasan Jakarta, Bogor, Tangerang dan Bekasi selam tahun ini akan segera dikembangkan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS). 17 dari 600 unit Z-Mart yang tersebar di kawasan Bogor tersebut, salah satunya berada di wilayah Bojong Gede, Kabupaten Bogor yang secara resmi di sahkan hari Rabu(17/1/2018).

Menurut Arifin Purwakananta selaku Deputi BAZNAS mengungkapkan, BAZNAS terus berusaha mengembangkan usaha mikro yang modalnya diperoleh dari dana zakat. Hal tersebut tentunya bertujuan untuk membangkitkan kondisi perekonomian para mustahik.

“Modal yang akan diberikan dari dana zakat ini , tentu saja diajukan terlebih dahulu oleh para mustahik untuk modal usahanya. Nantinya, para mustahik ini  akan mengelola dan diberikan pelatihan dan pendampingan dari tim BAZNAS sebelum mendirikan Z-Mart”, ungkap Arifin.

Menurut Arifin, pengembangan Z-Mart merupakan wujud dari tekad yang kuat dalam upaya BAZNAS meningkatkan derajat para mustahik dengan berbagai cara, salah satunya melalui penguatan di bidang ekonomi.

Sejak tahun 2016, dana zakat yang ditunaikan oleh para muzaki diwujudkan untuk mendirikan Z-Mart yang sudah tersebar di berbagai kota yang ada di Indonesia.

Z-Mart merupakan salah satu program pemberdayaan ekonomi, berupa jaringan pengembangan usaha ritel mikro untuk mengangkat skala usaha mustahik binaan BAZNAS. Z-Mart dikembangkan dalam tiga jenis skala usaha. Z-Mart Point merupakan unit usaha yang dimiliki oleh satu Kepala Keluarga.  Selain Z-Mart Point, usaha ini juga dikembangkan dalam jenis Z-Mart Store dan Z-Mart Distribusi Center yang memiliki skala usaha dan penerima manfaat lebih besar. Dua jenis Z-Mart tersebut melayani pembelian baik grosir maupun eceran dan menyuplai dagangan warung-warung kelontong. (REO)

Upaya BAZNAS Bangkitkan Ekonomi Mustahik Reviewed by on . Bogor, INEWSAIR – Sedikitnya 600 unit Z-Mart yang berada di kawasan Jakarta, Bogor, Tangerang dan Bekasi selam tahun ini akan segera dikembangkan Badan Amil Zak Bogor, INEWSAIR – Sedikitnya 600 unit Z-Mart yang berada di kawasan Jakarta, Bogor, Tangerang dan Bekasi selam tahun ini akan segera dikembangkan Badan Amil Zak Rating: 0

Leave a Comment

scroll to top