Wednesday , 15 August 2018

Home » EKBIS » TNBTS lakukan inovasi untuk redam masalah sampah
TNBTS lakukan inovasi untuk redam masalah sampah

TNBTS lakukan inovasi untuk redam masalah sampah

dok.Istimewa

July 11, 2017 8:40 pm by: Category: EKBIS Leave a comment A+ / A-

Jakarta, INEWSAIR – Kebersihan adalah salah satu prasyarat menuju destinasi wisata unggulan. Tak terkecuali pada Kawasan Bromo Tengger Semeru (BTS) yang menjadi Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN).

Kepala Bidang Teknis Konservasi Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) Muhammad Wahyudi menyatakan sudah ada perbaikan pada sektor kebersihan. Terutama pada sampah dari para pendaki atau wisatawan.

“Sampah di Bromo sudah jauh lebih baik penanganannya dibanding beberapa waktu lalu. Karena kita secara periodik bersihkan dan selalu melakukan penyuluhan,” ungkap Wahyudi, Senin (11/7).

Wahyudi juga menyatakan pengurangan sampah ini berkat menigkatnya pengadaan kendaraan operasional angkut sampah di TNBTS.

“Dengan itu kita dapat membawa sekitar 75/125 kg sampah. Dan bisa mencapai 5-8 kuintal kalau sedang ada event,” ungkap Wahyudi.

Sampah-sampah ini, menurut Wahyudi, dibawa ke TPA Cemorolawang dan TPA Probolinggo setiap hari Jumat menggunakan trek dinas kebersihan kabupaten.

Tapi diakui Wahyudi, pihak TNBTS masih kewalahan dalam membersihkan sampah jika ada even berskala besar, dimana waktu dan tenaga menjadi kendalanya.

“Dan kita masih suka terkendala karena belum sadarnya wisatawan atau pendaki. Tapi itu hanya sedikit saja. Yang utama adalah minimnya tempat sampah,” ucap Wahyudi.

Menurut Wahyudi, di jalur pendakian Semeru, masalah utama ada di Ranupani dimana sampah yang terkumpul berasal dari pendaki yang naik dan turun.

Walaupun demikian, Wahyudi mengungkapkan TNBTS sedang berusaha mengurai masalah, salah satu caranya adalah menyediakan tempat sampah di lokasi-lokasi konsentrasi wisatawan.

“Mulai dari Penanjakan, lautan pasir, di pendakian Bromo sampai bukit Teletubbies akan secara bertahap diperbaiki mulai tahun ini. Dan kita juga siapkan kantong sampah dengan logo TNBTS dan imbauan tentang sampah,” tutup Wahyudi.(AAN)

TNBTS lakukan inovasi untuk redam masalah sampah Reviewed by on . Jakarta, INEWSAIR - Kebersihan adalah salah satu prasyarat menuju destinasi wisata unggulan. Tak terkecuali pada Kawasan Bromo Tengger Semeru (BTS) yang menjadi Jakarta, INEWSAIR - Kebersihan adalah salah satu prasyarat menuju destinasi wisata unggulan. Tak terkecuali pada Kawasan Bromo Tengger Semeru (BTS) yang menjadi Rating: 0

Leave a Comment

scroll to top