Sunday , 27 May 2018

Home » EKBIS » Tito: Indonesia bisa jadi Negara Dominan
Tito: Indonesia bisa jadi Negara Dominan

Tito: Indonesia bisa jadi Negara Dominan

November 20, 2017 12:45 pm by: Category: EKBIS Leave a comment A+ / A-

Jakarta, INEWSAIR – Indonesia akan mampu untuk menjadi negara dominan di dunia jika mampu menjaga kestabilan politik dan keamanan serta menjaga kestabilan pertumbuhan ekonomi.

Kapolri Jenderal (Pol)  H. Muhammad Tito Karnavian Ph.d menyampaikan saat ini, yang mendukung suatu negara menjadi negara dominan bukanlah melalui penguasaan militer. Tapi melalui ekonomi.

“Saat ini militer bukan menjadi instrumen penguasaan negara lain tapi saat ini melalui ekonomi. Dan jika ingin bertahan maka Indonesia juga harus menjadi negara dominan,” papar Tito saat Seminar Indonesia 2018 – Sailing Through Economic and Political Tide di Main Hall BEJ Jakarta, Senin (20/11).

Menurut data Bloomberg, yang dikutip Tito, Indonesia berpotensi menjadi negara ekonomi besar dunia peringkat ke 5 di tahun 2030 dan peringkat ke 4 di tahun 2045.

“Secara teoritis, Indonesia akan mampu menjadi negara dominan karena memenuhi syarat populasi yang besar, sumber daya alam yang melimpah dan wilayah yang luas,” kata Tito.

Dengan terpenuhi syarat itu, maka yang utama adalah menjaga stabilitas politik dan keamanan serta penanganan konflik yang tepat adalah kunci untuk menjadikan Indonesia sebagai negara ekonomi yang kuat.

Menyikapi Pilkada 2019 yang akan berlangsung di 17 provinsi, 39 kota dan 115 kabupaten, Tito hanya berpesan agar setiap pihak yang terlibat bisa berkontribusi positif.

“Pekerjaan POLRI dan TNI dalam menjaga 2019 akan lebih mudah jika para kontestan pemilu dan pendukungnya tidak mengangkat isu kesukuan, keagamaan dan SARA,” ucap Tito.(AAN)

Tito: Indonesia bisa jadi Negara Dominan Reviewed by on . Jakarta, INEWSAIR - Indonesia akan mampu untuk menjadi negara dominan di dunia jika mampu menjaga kestabilan politik dan keamanan serta menjaga kestabilan pertu Jakarta, INEWSAIR - Indonesia akan mampu untuk menjadi negara dominan di dunia jika mampu menjaga kestabilan politik dan keamanan serta menjaga kestabilan pertu Rating: 0

Leave a Comment

scroll to top