Saturday , 23 September 2017

Home » NEWS » NASIONAL » Sosialisasi Sesar, ACT galang kerjasama di Ekspedisi Palu Koro
Sosialisasi Sesar, ACT galang kerjasama di Ekspedisi Palu Koro

Sosialisasi Sesar, ACT galang kerjasama di Ekspedisi Palu Koro

dok.istimewa

June 10, 2017 6:28 pm by: Category: NASIONAL, NEWS Leave a comment A+ / A-

Jakarta, INEWSAIR  – Dalam menyikapi gempa Poso yang baru saja terjadi dan salah satu anugerah Indonesia berupa 3 patahan besar yang mampu memicu gempa, Aksi Cepat Tanggap (ACT) bersama SKALA, IAGI, Planas PRB dan DisasterChannel.co akan mengadakan Ekspedisi Palu Koro. Misi yang dibawa adalah mengumpulkan data guna edukasi dan sosialiasi terkait Sesar Palu Koro.

Berdasarkan kajian geologi dan analisis kegempaan, panjang keseluruhan jalur sesar Palu Koro sekitar 500 km, yang terbagi menjadi 250 km di daratan membelah Kota Palu hingga Kecamatan Kulawi, Desa Gimpu dan Desa Gintu di Kabupaten Sigi dan berakhir di Teluk Bone. Sisa 250 km lagi berada di perairan.

Ketua Umum Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) Sukmandaru Prihatmoko mengungkapkan sesar Palu Koro ini perlu diperhatikan dan disosialisasikan kepada masyarakat sekitarnya untuk menghindari korban jika terjadi gempa.

“Gempa yang terjadi di Poso sama sekali tidak mengagetkan, karena sudah tercatat sering terjadi sejak puluhan tahun silam. Yang terpenting adalah bagaimana mengedukasi masyarakat untuk menghindari korban berjatuhan,” kata Sukmandaru dalam wawancara lanjutan menjelang Ekspedisi Palu Koro, Jumat (9/6).

Sukmandaru mengungkapkan menurut data pada tahun 1907 terjadi gempa yang bersumber dari retakan sesar yang berarah tegak lurus Sesar Palu Koro. Dan tahun 1909, terjadi lagi gempa dengan kekuatan yang lebih besar.

“Berdasar dari pengalaman, setiap kali gempa terjadi, akan ada 300-400 kali gempa susulan yang kekuatannya semakin mengecil sesuai dengan sifat kompresi, kecuali jika segmennya bergeser. Tapi memang semua bergantung pada daerahnya,” urai Sukmandaru.

Untuk menyikapi kondisi alam Indonesia yang penuh dengan patahan ini, Sukmandaru menyampaikan bahwa mitigasi dan sosialisasi perlu dilakukan secara gencar.

“Inilah tujuan kami untuk bekerjasama dengan ACT dan SKALA. Dengan adanya ekspedisi ini, kami akan mengumpulkan data secara lengkap dan akan menyampaikan pada pihak-pihak yang berkepentingan untuk disosialisasikan pada masyarakat untuk menghindari adanya korban dan masyarakat akan siap menghadapi terjadinya gempa,” kata Sukmandaru.

Harapan bahwa hasil ekspedisi ini akan dapat digunakan oleh pemerintah dalam strategi pembangunan Kota Palu yang menyesuaikan dengan kondisi alamnya juga disampaikan oleh Sekjen Planas PRB Trinirmalaningrum.

“Harapan kita, dengan ekspedisi lanjutan dan riset awal yang sudah kita lakukan sebelumnya selama 10 hari, kita dapat memberi data pada pemerintah. Antara lain seperti lokasi-lokasi yang sulit dijangkau, yang jika terjadi gempa akan menyulitkan dalam pemberian bantuan,” kata Trinirmalaningrum.

Trinirmalanigrum juga menyampaikan perlunya suatu kebijakan terkait pembangunan yang sesuai dengan kondisi gempa.

“Perlu dicatat bahwa sebenarnya gempa itu tidak membunuh, yang membunuh adalah bangunannya. Sehingga diperlukan suatu building-code yang mengatur spesifikasi bangunan yang sesuai dengan kondisi alur gempa di Indonesia,” tambah Trinirmalaningrum.

Dan perlu perencanaan infrastruktur, untuk menghindari jika terjadi bencana akan memudahkan proses evakuasi dan bantuan. Juga perlu diadakan lokasi meeting point bagi masyarakat jika terjadi bencana.

“Ekspedisi kami yang rencananya akan dilakukan pada akhir Agustus akan berjumlah sekitar 25 orang terdiri dari ahli Geologi, ahli Antropologi, ahli Sejarah dan ahli Sosiologi. Durasi waktunya sekitar 1 bulan untuk melihat pengaruh sesar ini pada masyarakat,” urai Trinirmalaningrum menutup wawancara.(AAN)

 

Sosialisasi Sesar, ACT galang kerjasama di Ekspedisi Palu Koro Reviewed by on . Jakarta, INEWSAIR  - Dalam menyikapi gempa Poso yang baru saja terjadi dan salah satu anugerah Indonesia berupa 3 patahan besar yang mampu memicu gempa, Aksi Ce Jakarta, INEWSAIR  - Dalam menyikapi gempa Poso yang baru saja terjadi dan salah satu anugerah Indonesia berupa 3 patahan besar yang mampu memicu gempa, Aksi Ce Rating: 0

Leave a Comment

scroll to top