Sunday , 27 May 2018

Home » NEWS » NASIONAL » Reaksi Cepat Pemerintah tangani KLB Campak dan Gizi Buruk di Asmat
Reaksi Cepat Pemerintah tangani KLB Campak dan Gizi Buruk di Asmat

Reaksi Cepat Pemerintah tangani KLB Campak dan Gizi Buruk di Asmat

dok.istimewa

February 1, 2018 8:49 pm by: Category: NASIONAL, NEWS Leave a comment A+ / A-

Jakarta, INEWSAIR – Dalam menanggulangi Kejadian Luar Biasa (KLB) Campak dan Gizi Buruk yang terjadi di Kabupaten Asmat, Provinsi Papua, Pemerintah pun terus melakukan langkah-langkah kongkrit didalam aksinya. Salah satunya adalah dengan mengimkan Satuan Tugas yang berasal dari TNI,Polri maupun Kementrian Kesehatan didalam upaya mengatasi KLB di Kabupaten Asmat.

“Melalui kementrian dan lembaga terkait, Pemerintah langsung bergerak cepat ke lokasi kejadian di Kabupaten Asmat, sejak pertengahan Januari lalu di dalam upaya mengatasi KLB Campak dan gizi buruk,”terang Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani saat memimpin rapat koordinasi Tingkat Menteri terkait penanggulangan KLB Campak dan Gizi Buruk di Asmat.

Permasalahan di Kabupaten Asmat, Papua terlihat sangat kompleks sehingga diperlukan penanganan yang terintegrasi antar kementerian, sehingga sangat dibutuhkan penajaman-penajaman kegiatan intervensi agar lebih efektif. ”Khusus Rapat Koordinasi hari ini, kami membahas monitoring dan evaluasi intervensi
penanganan KLB di Kabupaten Asmat yang telah dilaksanakan oleh K/L terkait, serta rencana
percepatan penanganan KLB campak dan gizi buruk disana”, ungkap Menko PMK.

Menurut Puan, Beberapa permasalahan telah teridentifikasi dalam KLB Campak dan Gizi Buruk yang terjadi di Kabupaten Asmat, meliputi 4 aspek permasalahan, yaitu : aspek kesehatan, aspek sosial budaya, aspek infrastruktur, dan aspek tata kelola pemerintahan.

“Aspek kesehatan mencakup SDM dan minimnya infrastruktur kesehatan, aspek sosial, aspek budaya mencakup pola hidup yang tidak sehat, adapun aspek infrastruktur terkendala masih minimnya infrastruktur dasar serta langkanya BBM, sementara aspek tata kelola pemerintah terkait dengan koordinasi antara pemerintah provinsi dan kabupaten serta SDM yang kurang,” tambah Puan.

Melihat keadaan tersebut, Pemerintah pun mengambil berbagai langkah untuk mengatasinya, baik langkah
jangka pendek, menengah, maupun jangka panjang.“Pemerintah melalui K/L telah turun ke Asmat, namun semuanya masih bersifat parsial, untuk itu perlu koordinasi, sinkronisasi, dan pengendalian dalam penanganan KLB di Kabupaten Asmat, serta afirmasi yang dikeluarkan harus terintegrasi”, harap Menko PMK. (DOEL)

Reaksi Cepat Pemerintah tangani KLB Campak dan Gizi Buruk di Asmat Reviewed by on . Jakarta, INEWSAIR – Dalam menanggulangi Kejadian Luar Biasa (KLB) Campak dan Gizi Buruk yang terjadi di Kabupaten Asmat, Provinsi Papua, Pemerintah pun terus me Jakarta, INEWSAIR – Dalam menanggulangi Kejadian Luar Biasa (KLB) Campak dan Gizi Buruk yang terjadi di Kabupaten Asmat, Provinsi Papua, Pemerintah pun terus me Rating: 0

Leave a Comment

scroll to top