Wednesday , 23 May 2018

Home » EKBIS » PNM nyatakan Mekaar tunjukkan prospek positif
PNM nyatakan Mekaar tunjukkan prospek positif

PNM nyatakan Mekaar tunjukkan prospek positif

dok.istimewa

June 10, 2017 2:45 pm by: Category: EKBIS Leave a comment A+ / A-

Jakarta, INEWSAIR – Permodalan Nasional Madani (PNM) nyatakan komitmen untuk terus memperluas jaringan layanannya untuk semakin meningkatkan pembangunan melalui ekonomi kerakyatan di program Mekaar.

Direktur Utama PNM Parman Nataatmadja mengungkapkan bahwa program Mekaar yang sudah dilaksanakan selama ini menunjukan perkembangan positif dengan tingkat NPL yang sangat rendah, 0,002%.

“Fokus kami adalah memberikan pembiayaan serta pembibingan usaha pada pelaku usaha mikro dan kecil serta perempuan prasejahtera,” kata Parman saat Diskusi Pembangunan Ekonomi Kerakyatan Melalui Program PNM di Jakarta, Jumat (9/6).

Parman menguraikan saat ini, PNM Mekaar sudah memiliki 340 cabang yang melayani 432.000 nasabah di 21 provinsi Indonesia dengan mempertimbangkan kantong kemiskinan per daerah.

“Hingga akhir tahun ini, kita menargetkan 2.000.000 ibu rumah tangga prasejahtera untuk program Mekaar. Data terakhir per Mei 2016 adalah 930 ribu. Jadi memang pembiayaan kita fokus pada ibu-ibu karena mereka lebih dekat dengan perekonomian keluarga. Dengan target mereka harus menjadi produktif,” papar Parman.

Menurut Parman total dana Mekaar adalah Rp4,1 triliun dengan kontribusinya sekitar 40% pada total pembiayaan.

“Dana awal adalah Rp2 juta rupiah dengan catatan bahwa setiap anggota yang tergabung harus mulai produktif saat 1 siklus sudah berakhir dan diberlakukannya tanggung jawab renteng. Satu siklus ini ada yang 25 minggu dan 50 minggu dengan tingkat pengembalian dengan bunga rendah,” ucap Parman.

Menurut Parman, sistem permodalan Mekaar ini diharapkan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat jika dibandingkan dengan program bantuan sosial.

“Di program ini kita mengajarkan mereka untuk berdisiplin dan berproduksi. Dan dari tanggung jawab renteng, kita mengedukasi nasabah untuk bergotong royong dan bertanggungjawab secara bersama,” ucap Parman.

Peneliti dari Universitas Indonesia Rofikoh Rokhim yang melakukan penelitian pada program Mekaar memaparkan bahwa program ini menunjukkan prospek positif dengan diberlakukannya sistem indoktrinasi penanaman nilai oleh PNM.

“Dari hasil survei yang dilakukan dalam rentang 1 bulan dari April hingga Mei 2017, menunjukkan bahwa tingkat tanggungjawab nasabah, dalam hal ini ibu rumah tangga sangat besar. NPL-nya sangat rendah sekali dan efek pada perekonomian keluarga terlihat jelas,” papar Rofikoh.

Dari survei menunjukkan bahwa mayoritas responden menyatakan takut dan malu jika tidak datang ke PKM dan tidak membayar angsuran serta peningkatan pemahaman akan lembaga keuangan.

“Dari hasil survei, kami menemukan bahwa para nasabah merasa senang dengan adanya program ini dan akan melanjutkan pinjaman serta akan menabung seminggu sekali dengan tujuan sebagai simpanan untuk keperluan mendadak,” urai Rofikoh.(AAN)

PNM nyatakan Mekaar tunjukkan prospek positif Reviewed by on . Jakarta, INEWSAIR - Permodalan Nasional Madani (PNM) nyatakan komitmen untuk terus memperluas jaringan layanannya untuk semakin meningkatkan pembangunan melalui Jakarta, INEWSAIR - Permodalan Nasional Madani (PNM) nyatakan komitmen untuk terus memperluas jaringan layanannya untuk semakin meningkatkan pembangunan melalui Rating: 0

Leave a Comment

scroll to top