Saturday , 23 June 2018

Home » NEWS » NASIONAL » Perrpu : Cara Elegan Pemerintah Pertahankan Pancasila
Perrpu : Cara Elegan Pemerintah Pertahankan Pancasila

Perrpu : Cara Elegan Pemerintah Pertahankan Pancasila

dok.istimewa

August 31, 2017 1:12 pm by: Category: NASIONAL, NEWS Leave a comment A+ / A-

Jakarta, INEWSAIR – Hayono Isman, Ketua Umum Pimpinan Kolektif Kosgoro berpandangan jika Peraturan Perundang-undangan Nomor 2 tahun 2017 tentang Organisasi Kemasyarakatan sebagai cara elegan pemerintah untuk mencegah upaya ideologi lain yang ingin merubah Pancasila.

“Perppu itu merupakan cara elegan untuk agama jangan menjadi gerakan untuk merubah Pancasila,” ujar Ketua Umum Kosgoro Hayono Isman, di Jakarta, (30/8/2017).

Menurut Hayono, tidak ada Tap MPR untuk melarang faham agama. Beda halnya dengan faham komunisme yang bisa dilakukan dengan Tap MPR. Karena itulah, pemerintah memerlukan cara yang lebih elegan melalui Perppu.

Menurut mantan Menteri Pemuda dan Olahraga di era Orde Baru itu berharap agar pemerintah tetap melakukan silaturahmi dengan Hizbut Tahrir Indonesia, meski Perppu telah dikeluarkan.

“Mereka diajak bicara dan dijelaskan jika negara itu ideologinya satu. Kalau kita mengakui NKRI, negara kesatuan, berarti ideologinya juga satu. Kita boleh beda agama, beda ras tapi ideologinya satu,” paparnya.

Hayono pun Optimis jika Perppu Ormas untuk memperkuat infiltrasi ideologi lain dari pancasila. Infiltrasi yang menggunakan kendaraan agama memang tidak mudah diatasi.

“Beda dengan ideologi komunis yang bertentangan dengan sila pertama Pancasila. Apalagi komunis telah melakukan tindakan makar. Oleh karenanya Perppu perlu diterapkan dengan bijaksana dan Kosgoro akan mendukung,” kata Hayono.

Sementara itu, menurut Hayono, Kosgoro yang didirikan oleh para Tentara Nasional Indonesia Pelajar, dimana didalamnya terdapat keragaman toleransi, sehingga didalam membahas Perppu Nomor 2 Tahun 2017 ini tidak emosional.

Dalam kesempatan sama, Direktur Ormas Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri) La Ode Ahmad mengatakan, jika keluarnya Perppu tersebut tidak lain dari upaya antisipasi.

“Ini (Perppu) ini untuk antisipasi saja, upaya preventif,” ujar La Ode.

Sama halnya dengan Pakar Hukum Tata Negara Margarito Kamis mengatakan sudah tepat Presiden mengeluarkan Perppu.

“Dari segi hukum dan konstitusi presiden diberi kewenangan, presidenlah yang harus bisa melihat situasi dan kondisi, kalau setuju DPR dengan penilaian presiden ya selesai,” ujar Margarito. (MITA)

Perrpu : Cara Elegan Pemerintah Pertahankan Pancasila Reviewed by on . Jakarta, INEWSAIR – Hayono Isman, Ketua Umum Pimpinan Kolektif Kosgoro berpandangan jika Peraturan Perundang-undangan Nomor 2 tahun 2017 tentang Organisasi Kema Jakarta, INEWSAIR – Hayono Isman, Ketua Umum Pimpinan Kolektif Kosgoro berpandangan jika Peraturan Perundang-undangan Nomor 2 tahun 2017 tentang Organisasi Kema Rating: 0

Leave a Comment

scroll to top