Thursday , 15 November 2018

Home » NEWS » Lain Lain » Penodaan Agama masih belum tuntas
Penodaan Agama masih belum tuntas

Penodaan Agama masih belum tuntas

dok.istimewa

May 26, 2017 1:19 am by: Category: Lain Lain Leave a comment A+ / A-

Jakarta, INEWSAIR – Terkait dengan konflik keagamaan yang saat ini terjadi, The Indonesian Institute menyelenggarakan diskusi untuk membahas polemik perlu tidaknya pasal penodaan agama. Saat ini, pasal 156a KUHP tentang penodaan agama tengah dibahas kembali oleh panja Revisi UU KUHP yang terdiri dari Komisi III DPR dan Kementerian Hukum dan HAM.

Peneliti Bidang Hukum The Indonesian Institute Zihan Syahayani menyampaikan perlunya hukuman lain selain hukuman penjara bagi mereka yang terjerat kasus penodaan agama.

“Perlu dimasukan jenis pidana lain selain pidana penjara, misalnya hukuman administratis atau denda,” ungkap Zihan saat diskusi Konflik Keagamaan dan HAM: Pekerjaan Rumah Reformasi yang Belum Tuntas di Pakarti Centre Jakarta, Rabu (24/5).

Zihan juga menyampaikan selama tahun 2015 terjadi 15 pelanggaran untuk penyesatan keyakinan, 14 tindakan intimidasi, 11 perusakan rumah ibadah, 10 kriminalisasi keyakinan berdasar agama, 7 pelarangan ibadah dan 6 serangan fisik atau properti.

“Isu agama kembali menguat saat ini di Indonesia karena sedang marak penodaan dan pelanggaran yang terkait agama. Artinya konflik keagamaan masih menjadi PR bagi negara kita,” ucap Zihan.(AAN)

Penodaan Agama masih belum tuntas Reviewed by on . Jakarta, INEWSAIR - Terkait dengan konflik keagamaan yang saat ini terjadi, The Indonesian Institute menyelenggarakan diskusi untuk membahas polemik perlu tidak Jakarta, INEWSAIR - Terkait dengan konflik keagamaan yang saat ini terjadi, The Indonesian Institute menyelenggarakan diskusi untuk membahas polemik perlu tidak Rating: 0

Leave a Comment

scroll to top