Tuesday , 23 October 2018

Home » EKBIS » Pendampingan Dompet Dhuafa di Cisitu Sukabumi
Pendampingan Dompet Dhuafa di Cisitu Sukabumi

Pendampingan Dompet Dhuafa di Cisitu Sukabumi

July 28, 2017 1:16 am by: Category: EKBIS Leave a comment A+ / A-

Sukabumi, INEWSAIR – Untuk menunjang program pemberdayaan masyarakat pedesaan, Dompet Dhuafa melakukan program pendampingan pada masyarakat Desa Cisitu, Sukabumi Selatan.

GM Resources Mobilization Dompet Dhuafa, Urip Budiarto memaparkan bahwa program pemberdayaan masyarakat ini merupakan aplikasi dari salah satu program mereka, Tebar Hewan Kurban.

“Dengan program pendampingan THK, kami berorientasi untuk melakukan pemerataan ekonomi dengan cara membuka akses pengaliran dana dari kota untk 2.500 desa di seluruh Indonesia dan pengembangan perekonomian masyarakat,” kata Urip.

Inisiasinya adalah menjadikan Indonesia sebagai negara berkedaulatan ternak yang menjadi semakin baik dari tahun ke tahun, dengan menjadikan jaringan ternak yang kuat berdasarkan pada demand pasar yang tinggi yaitu sekitar 120 juta kambing per tahun.

Sekretaris Desa Cisitu, Yasin mengungkapkan program Dompet Dhuafa yang sudah berlangsung selama 2 tahun di desa yang memiliki 42 dusun dan 1596 kepala keluarga, telah mampu meningkatkan taraf hidup masyarakat desa.

“Program Dompet Dhuafa ini sejalan dengan program pemerintah, yaitu pemberdayaan masyarakat. Harapan kami, program ini terus berjalan dan donatur yang memberikan dananya lewat Dompet Dhuafa terus bertambah,” kata Yasin.

Selain program pemberdayaan masyarakat, Pendamping Dompet Dhuafa, Amin menyatakan di Desa Cisitu juga dilakukan edukasi zakat dan bantuan untuk masalah sosial yang timbul.

“Tahun kemarin, para anggota yang kami dampingi memberikan infak senilai Rp3 juta. Kami juga menyalurkan Zakat Fitrah berupa 300 bungkus beras masing-masing 3 kg pada masyarakat desa. Saat ini kami juga sedang melakukan pengkajian untuk menyelesaikan masalah air bersih,” papar Amin.

Menurut Amin, Desa Cisitu memiliki kesulitan untuk mengakses sumber mata air yang lokasinya lebih rendah dari desa mereka.(AAN)

Pendampingan Dompet Dhuafa di Cisitu Sukabumi Reviewed by on . Sukabumi, INEWSAIR - Untuk menunjang program pemberdayaan masyarakat pedesaan, Dompet Dhuafa melakukan program pendampingan pada masyarakat Desa Cisitu, Sukabum Sukabumi, INEWSAIR - Untuk menunjang program pemberdayaan masyarakat pedesaan, Dompet Dhuafa melakukan program pendampingan pada masyarakat Desa Cisitu, Sukabum Rating: 0

Leave a Comment

scroll to top