Monday , 16 July 2018

Home » NEWS » NASIONAL » Pancasila sebagai Kekuatan Demokrasi di Indonesia
Pancasila sebagai Kekuatan Demokrasi di Indonesia

Pancasila sebagai Kekuatan Demokrasi di Indonesia

January 1, 2018 4:25 pm by: Category: NASIONAL, NEWS Leave a comment A+ / A-

Jakarta, INEWSAIR – Pancasila merupakan kekuatan ide yang sejak dahulu tertanam di jati diri bangsa Indonesia. Karena di dalam kandungan Pancasila terdapat Nilai-nilai yang senantiasa membangun sistem di dalam masyarakat Indonesia. Pancasila merupakan pendidikan yang ditekankan pada pendidkan moral yang nantinya diharapkan dapat diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari yang tentunya menjadi landasan moral dalam setiap kegiatan pribadi, kelompok, masyarakat juga bangsa dan Negara.

Oleh karena itu, Pancasila sejatinya harus bisa ditelaah secara analitis dan mendalam. Namun kenyataannya saat ini jauh dari yang diharapkan,  Masyarakat justru menghiraukan moral-moral dan menganggap arti sebuah pancasila tidak penting.Ini tergambar dari maraknya pelanggaran peraturan-peraturan yang sudah dibuat oleh Negara, seperti korupsi,tawuran dan lain sebagainya. Untuk itu perlu pemahaman dan kesadaran kita di dalam berbangsa dan bernegara di dalam mengamalkan Pancasila.

Seperti yang diungkapkan Tanno Kamila Helow saat menjadi pembicara di Kedai Anak Muda, Jalan Kesehatan Raya No. 10, Cideng, Jakarta Pusat,Kamis (28/12/2017). “Kita sebagai masyarakat dan para pemuda-pemudi harus menjadikannya sebagai perjuangan utama dalam kehidupan utama bermasyarakat dan bernegara. Oleh karena itu pengamalannya harus dimulai dari setiap lapisan masyarakat dari sehari-hari,”urainya.

Nilai-nilai Pancasila pun telah lama di kontekstualisasikan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Karena Pancasila, tidak akan memiliki makna tanpa adanya pengamalan (di Kontekstualisasikan). “Sejak Indonesia merdeka, Pancasila sudah final untuk dijadikan sebagai Ideologi negara.Nilai moral sosial, toleransi, dan kemanusiaan, bahkan juga sistem demokrasi yang saat ini diterapkan oleh bangsa Indonesia. Oleh karena itu, Pancasila sejatinya harus bisa ditelaah secara analitis dan mendalam,” pungkasnya.

Jika Pancasila diamalkan dengan baik, maka kehidupan bangsa kita saat ini akan harmonis, bisa saling berdampingan serta mencapai keadilan sosial. Dengan kata lain, Pancasila jangan hanya dijadikan sebagai simbol belaka, pancasila harus di amalkan dalam kehidupan sehari – hari. Pancasila sebagaimana kita yakini merupakan jiwa, kepribadian dan pandangan hidup bangsa Indonesia.(VANA)

 

Pancasila sebagai Kekuatan Demokrasi di Indonesia Reviewed by on . Jakarta, INEWSAIR – Pancasila merupakan kekuatan ide yang sejak dahulu tertanam di jati diri bangsa Indonesia. Karena di dalam kandungan Pancasila terdapat Nila Jakarta, INEWSAIR – Pancasila merupakan kekuatan ide yang sejak dahulu tertanam di jati diri bangsa Indonesia. Karena di dalam kandungan Pancasila terdapat Nila Rating: 0

Leave a Comment

scroll to top