Wednesday , 23 May 2018

Home » EKBIS » OJK bentuk Pokja Ekonomi Syariah
OJK bentuk Pokja Ekonomi Syariah

OJK bentuk Pokja Ekonomi Syariah

dok.istimewa

June 13, 2017 8:23 pm by: Category: EKBIS Leave a comment A+ / A-

 

Jakarta, INEWSAIR  – Adanya kendala di pengembangan keuangan syariah, mendorong Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bekerjasama dengan Forum Rektor Indonesia terkait penelitian, pengajaran dan pengabdian masyarakat dalam bentuk Pokja Bidang Ekonomi Syariah.

Anggota Dewan Komisioner OJK dan Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal Ir Nurhaida, MBA mengemukakan bahwa kerjasama ini merupakan salah satu dari perwujudan akselerasi keuangan syariah.

“Kelompok Kerja ini diselenggarakan atas pertimbangan masih terbatasnya SDM syariah yang kompeten, belum adanya link & match antara pengajaran dan kebijakan serta terbatasnya literatur dan staf pengajar di sektor keuangan syariah,” papar Nurhaida saat acara Roadmap Pengembangan Keuangan Syariah di Jakarta, Selasa (13/6).

Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman Hadad mengharapkan dengan adanya kerjasama ini akan mampu meningkatkan partisipasi masyarakat di bidang keuangan syariah.

“Dengan tidak putusnya mengadakan edukasi dan sosialiasi kita harapkan adanya peningkatan literasi keuangan di masyarakat, dalam rangka membangun sistem keuangan nasional yang lebih inklusif, yang mudah diakses oleh masyarakat,” papar Muliaman.

Muliaman mencontohkan salah satu faktor yang mempengaruhi inklusifitas adalah teknologi, yang dapat dipergunakan untuk mencapai masyarakat yang tidak terjangkau layanan konvensional.

“Salah satu yang kita perkenalkan adalah branchless banking, yang sudah kita lakukan sejak 2 tahun yang lalu. Sudah ada lebih dari 300.000 agen dari 19 bank peserta Laku Pandai (Layanan Keuangan dalam rangka inklusifitas keuangan). Dan kita harapkan dalam beberapa tahun ke depan dapat mencapai 1 juta agen dan juga penambahan bank yang tergabung di Laku Pandai,” papar Muliaman.

Dengan adanya kerjasama dengan Forum Rektor Indonesia, Muliaman mengharapkan peningkatan pemahaman tentang perekonomian syariah dari sektor perguruan tinggi.

“Kami membuka ratusan gerai pasar modal di beberapa perguruan tinggi, sehingga para mahasiswa sebagai penerus generasi bangsa dan calon investmen terbiasa dengan instrumen investasi masa depan. Sehingga, akan terbentuk investor-investor domestik yang akan menyaingi investor dari luar negeri,” ungkap Muliaman.(AAN)

OJK bentuk Pokja Ekonomi Syariah Reviewed by on .   Jakarta, INEWSAIR  - Adanya kendala di pengembangan keuangan syariah, mendorong Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bekerjasama dengan Forum Rektor Indonesia te   Jakarta, INEWSAIR  - Adanya kendala di pengembangan keuangan syariah, mendorong Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bekerjasama dengan Forum Rektor Indonesia te Rating: 0

Leave a Comment

scroll to top