Thursday , 15 November 2018

Home » EKBIS » NTT siap eksplore wilayah untuk sokong target wisata
NTT siap eksplore wilayah untuk sokong target wisata

NTT siap eksplore wilayah untuk sokong target wisata

dok.istimewa

May 13, 2017 8:30 pm by: Category: EKBIS Leave a comment A+ / A-

Jakarta, INEWSAIR – Provinsi Nusa Tenggara Timur terus mengembangkan potensi wisatanya dengan kembali meresmikan Event Pariwisata 2017 yang menghadirkan Festival Tenun Ikat Sumba, Festival Sandelwood, Parade Pesona Kebangsaan dan Tour de Timur.

Gubernur Nusa Tenggara Timur Frans Lebu Raya mengungkapkan pemerintah daerah masih terus berusaha mengeksplore wilayah dan melakukan inovasi atraksi untuk kepentingan wisata.

“Pada Festival Sandelwood tahun ini akan dihadirkan 1001 kuda yang dihias dan pengendaranya akan menggunakan pakaian adat daerahnya masing-masing. Dan akan hadir 2017 penenun yang terdiri dari ibu rumah tangga, pelajar dan mahasiswa pada Festival Tenun Ikat, yang menunjukkan bahwa menenun sudah menjadi kebisaan semua warga Sumba,” kata Frans saat Launching Kalender Wisata NTT di Balairung Soesilo Soedarman Jakarta, Jumat (12/5).

Untuk Parade Pesona Kebangsaan, akan digabungkan kegiatan Bulan Soekarno dan promosi Danau Kalimutu pada Juni 2017.

“Bulan Soekarno akan ditandai dengan 3 tanggal, yaitu 1 Juni, 6 Juni dan 21 Juni. Dan kegiatan memperingati tanggal-tanggal penting Soekarno akan dilakukan bersamaan dengan promosi Danau Kelimutu,” papar Frans lebih lanjut.

Kegiatan wisata NTT, akan ditutup dengan Tour de Timur dan Tour de Flores yang akan dilaksanakan di penghujung tahun. Rencananya tahun ini, akan dipindah rutenya ke jalur selatan.

“Untuk kedepannya, ada rencana untuk menggagas Lari Marathon Sumba. Dan kami juga akan mengajukan pengembangan bandara, sehingga pesawat berkapasitas besar bisa masuk ke bandara kami dan pembangunan pelabuhan cruise. Juga membangun penginapan-penginapan kecil yang berjarak 2-3 km, untuk memastikan para wisatawan tidak akan melewati setiap keindahan alam NTT,” ucap Frans.

Menjawab pengembangan-pengembangan yang dilakukan oleh NTT, Menteri Pariwisata Arief Yahya menyambut baik dan memberikan beberapa masukan dan tantangan.

“Dari kenaikan jumlah wisnus dan wisman di NTT, yaitu 400.000 pada 2015, menjadi 800.000 di 2016 dan 60.000 pada 2015, menjadi 140.000 di 2016, maka tidak salah saya menyatakan perkembangan NTT baik. Untuk tahun ini, saya menargetkan wisnus bisa tembus angka 1 juta dan wisman wisman 500.000 orang,” ucap Arief Yahya.

Target ini menurut Arief dapat dicapai dengan adanya beberapa kebijakan yang mendukung pengembangan wisata NTT. Termasuk rencana Arief yang melibatkan Triawan Munaf dalam pengembangan Tenun Ikat Sumba dan melibatkan Dian Urip, Mataya dan Taufik Razen pada Parade Pesona Kebangsaan.

“Kita sudah menyepakati untuk melakukan perpanjangan runway bandara, penataan Gunung Meja dan menyelesaikan skema pembangunan 400 homestay. BOP Labuhan Bajo-Flores juga rencananya akan diselesaikan pada Juni 2017 ini. Marina akan selesai di Juli 2018 dan pembangunan bandara di Pulau Komodo akan kita alihkan dari Kemenhub ke BUMN, sehingga jika dipegang AP semoga bisa lebih cepat,” papar Arief.

Arief juga meminta pelebaran jalan dari 4 meter menjadi 8 meter dan persiapan NTT untuk menjadi salah satu tujuan wisata dari peserta Meeting IMF-World Bank pada tahun 2018.

“Untuk pembangunan Akademi Komunitas Pariwisata, Pak Nasir (Menristekdikti) sudah menyatakan izin akan keluar di tahun 2017 ini. Dan Kemenpar akan menyiapkan tenaga ahli pengajar dan kurikulum,” lanjut Arief.

Arief menambahkan bahwa perlu keterlibatan media internasional dan terus memanfaatkan sosial media dalam mempromosikan semua kegiatan wisata di NTT.(AAN)

NTT siap eksplore wilayah untuk sokong target wisata Reviewed by on . Jakarta, INEWSAIR - Provinsi Nusa Tenggara Timur terus mengembangkan potensi wisatanya dengan kembali meresmikan Event Pariwisata 2017 yang menghadirkan Festiva Jakarta, INEWSAIR - Provinsi Nusa Tenggara Timur terus mengembangkan potensi wisatanya dengan kembali meresmikan Event Pariwisata 2017 yang menghadirkan Festiva Rating: 0

Leave a Comment

scroll to top