Tuesday , 23 October 2018

Home » LIFE STYLE » HEALTH » Nila Moeloek Ajak Masyarakat Untuk terus CERDIK
Nila Moeloek Ajak Masyarakat Untuk terus CERDIK

Nila Moeloek Ajak Masyarakat Untuk terus CERDIK

July 30, 2017 12:00 pm by: Category: HEALTH, LIFE STYLE Leave a comment A+ / A-

Jakarta, INEWSAIR – Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan terus menekankan pentingnya perilaku CERDIK dan self-awareness untuk menurunkan angka kesakitan, kematian dan kecacatan karena Penyakit Tidak Menular, yang salah satunya adalah Gagal Jantung.

Gagal jantung tidak berarti bahwa jantung di dalam tubuh berhenti bekerja, melainkan hanya kesulitan bekerja. Secara awam, Gagal Jantung adalah kondisi kesehatan serius ketika jantung tidak dapat memompa darah yang cukup ke seluruh tubuh, disebabkan oleh melemahnya otot-otot jantung dari waktu ke waktu. Sehingga darah tidak dapat mengantarkan cukup oksigen dan makanan ke tubuh.

Penyakit Gagal Jantung ini dapat terjadi di usia berapa pun, namun seiring bertambah usia maka persentasenya meningkat. Sekitar 1% orang di bawah usia 65 tahun mengalami Gagal Jantung dan meningkat menjadi 7% untuk yang berusia 75-84 tahun. Pada umur diatas 85 tahun, persentasenya meningkat hingga 15%.

Menteri Kesehatan Nila Moeloek menyatakan penyakit Gagal Jantung di Indonesia meningkat tajam karena rendahnya kesadaran akan hidup sehat.

“80% penyebab penyakit adalah karena gaya hidup yang tidak sehat,” kata Nila.

Menurut data Kemenkes, 26,1% masyarakat Indonesia masih kurang aktivitas fisiknya. Sementara masyarakat yang kurang konsumsi buah dan sayur menempati tingkat lebih tinggi, yaitu 93,5%. Ditambah dengan 36,3% penduduk memiliki kebiasaan merokok dan 4,6% meminum alkohol.

“Jika ingin jauh dari penyakit, maka haruslah dibudayakan perilaku CERDIK, Cek Kesehatan secara berkala-Enyahkan asap rokok-Rajin beraktivitas fisik-Diet yang sehat dan seimbang-Istirahat yang cukup-Kelola stres,” tegas Nila.

Dan penting juga untuk usaha preventif dengan Self-Awareness melalui pengukuran tekanan darah dan pemeriksaan kolesterol yang rutin di fasilitas pelayanan terpadu.(AAN)

Nila Moeloek Ajak Masyarakat Untuk terus CERDIK Reviewed by on . Jakarta, INEWSAIR - Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan terus menekankan pentingnya perilaku CERDIK dan self-awareness untuk menurunkan angka kesakitan, ke Jakarta, INEWSAIR - Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan terus menekankan pentingnya perilaku CERDIK dan self-awareness untuk menurunkan angka kesakitan, ke Rating: 0

Leave a Comment

scroll to top