Wednesday , 15 August 2018

Home » LIFE STYLE » MUI dan Pemerintah Kerjasama Tangkal Konten Negatif Medsos
MUI dan Pemerintah Kerjasama Tangkal Konten Negatif Medsos

MUI dan Pemerintah Kerjasama Tangkal Konten Negatif Medsos

dok.istimewa

June 10, 2017 2:48 pm by: Category: LIFE STYLE, TEKNO Leave a comment A+ / A-

Jakarta, INEWSAIR  – Untuk menyikapi perkembangan konten negatif di media sosial, Majelis Ulama Indonesia mengeluarkan fatwa terkait hukum dan pedoman bermuamalah melalui media sosial yang diharapkan mampu mendorong umat Islam bersosialisasi secara positif di media sosial.

Sekretaris Komisi Fatwa MUI Asrorun Niam Soleh menyampaikan fatwa yang dikeluarkan ini menekankan pada aspek tabayun atau klarifikasi terhadap berbagai konten yang muncul di media sosial.

“Sebelumnya kita membahas halal haram tapi kali ini berfokus pada yang bersifat praktis. Yang seringkali lazim dilakukan tanpa disadari ternyata suatu kesalahan. Misalnya tabayyun atau klarifikasi. Umumnya tahu dapat informasi harus tabayyun dulu. Tapi tidak dilakukan stepnya,” kata Asrorun saat Diskusi Forum Medan Merdeka Barat 9, Jumat (9/6).

Asrorun menyampaikan ada 3 hal yang harus dilakukan saat menerima informasi, yaitu memastikan dan melihat informasi tersebut didasari kredibilitas sumbernya, mengetahui isi kontennya dan wajib melakukan validasi atas kebenarannya serta memperhatikan konteks ruang dan waktu.

“Perlu diperhatiakn sumbernya, apakah media itu kredibel atau tidak. Media yang kredibel juga pernah menyebarkan informasi hoax. Belakangan minta maaf. Dan harus memperhatikan konteks ruang dan waktu untuk menghindari kecemasan publik dan keresahan terhadap situasi yang akan terjadi,” papar Asrorun.

Menkominfo Rudiantara menaruh harapan dengan adanya fatwa ini, umat Islam bisa menggunakan media sosial secara baik dan bijak dan akan menindaklanjuti fatwa ini dengan dua langkah.

“Dengan fungsi pemerintah di bidang ITE, kami akan melakukan sosialisasi edukasi literasi dan pembatasan akses atau pemutusan akses terhadap penyalahgunaan dunia maya sesuai dengan rekomendasi MUI,” kata Rudiantara.

Rudiantara menegaskan tindakan yang efektif adalah melakukan tindak pada bagian hulu dan hilir, bukan hanya pemblokiran saja.

“Dengan sosialisasi, dapat mengurangi lebih banyak masyarakat yang terpapar konten negatif,” ucap Rudiantara.(AAN)

 

 

MUI dan Pemerintah Kerjasama Tangkal Konten Negatif Medsos Reviewed by on . Jakarta, INEWSAIR  - Untuk menyikapi perkembangan konten negatif di media sosial, Majelis Ulama Indonesia mengeluarkan fatwa terkait hukum dan pedoman bermuamal Jakarta, INEWSAIR  - Untuk menyikapi perkembangan konten negatif di media sosial, Majelis Ulama Indonesia mengeluarkan fatwa terkait hukum dan pedoman bermuamal Rating: 0

Leave a Comment

scroll to top