Sunday , 27 May 2018

Home » LIFE STYLE » BEAUTY » L’oreal kembali beri penghargaan pada perempuan peneliti
L’oreal kembali beri penghargaan pada perempuan peneliti

L’oreal kembali beri penghargaan pada perempuan peneliti

November 11, 2017 2:29 pm by: Category: BEAUTY, LIFE STYLE Leave a comment A+ / A-

Jakarta, INEWSAIR – Untuk kali ke-14, L’OREAL yang bekerjasama dengan Komite Nasional Indonesia untuk UNESCO (KNIU Kemendikbud) kembali menganugerahkan L’OREAL – UNESCO For Woman in Science National Fellowship Awards 2017.

Presiden Direktur L’OREAL, Umesh Padke menyampaikan bahwa L’OREAL mendorong partisipasi wanita dalam bidang penelitian dan sains untuk mencapai dunia yang lebih baik.

“Tidak hanya L’OREAL, namun masyarakat perlu mendukung para perempuan peneliti. Apa yang mereka lakukan bukan hanya bermanfaat untuk kehidupan pribadinya tapi juga kehidupan banyak orang. Melalui penghargaan ini, kami ingin mendukung perempuan dalam sains karena kontribusi besar mereka tidak boleh diabaikan,” papar Umesh saat pemberian penghargaan yang berlangsung di Aula Kemenristekdikti Jakarta, Kamis (9/11).

Ketua Harian KNIU Kemendikbud, Prof. Dr. Arief Rachman menyatakan bahwa jumlah peneliti di Indonesia masih sangat rendah dibandingkan Malaysia dan Singapura.

“Jumlah peneliti di Indonesia per 1 juta populasi sangat rendah yakni 1.071 jika dibandingkan dengan Malaysia di angka 7.000 dan Singapura di angka 2.590. Dunia perlu mengubah pemikirannya bahwa sains, teknologi, teknik, matematika bukanlah lahan pria saja. Perempuan pun harus berkecimpung di dunia ini dan memilihnya sebagai karir mereka kedepan,” ucap Arief.

Arief menegaskan program ini adalah untuk mendorong perempuan peneliti di Indonesia untuk melanjutkan karier penelitiannya dan berprestasi.

“Program ini juga melibatkan institusi selain Kemendikbud. Ada Kemenristekdikti, Kemenko PMK dan seluruh universitas yang menerima program kita. Sudah ada 624 perempuan peneliti yang terlibat dan ada 45 pemenang dalam skala nasional dan 5 pemenang skala internasional,” urai Arif.

Arif menyebutkan dalam seleksinya, ada 9 juri yang terlibat dan memastikan persyaratan terpenuhi. Adapun persyaratannya adalah secara ilmiah dapat dipertanggungjawabkan, metodologi jelas dan memiliki kegunaan.

Untuk tahun ini, perempuan peneliti yang menerima penghargaan dan dana sebesar Rp80 juta untuk penelitian mereka adalah Dr. Siti Nurul Aisyiyah Jenie dari Pusat Penelitian Kimia LIPI untuk kategori Material Sciences, Dr. Yuliati Herbani dari Pusat Penelitian Fisika LIPI untuk kategori Engineering Sciences serta Retno Wahyu Nurhayati PhD dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dan Yulia Yusrini Djabir Ssi, MSi, MBmSc, PhD, Apt dari Fakultas Farmasi  untuk kategori Life Sciences.

“Program ini membiayai penelitian yang sudah berlangsung dan akan dipantau hingga penelitiannya berakhir. Dan hasil penelitian akan tetap menjadi milik peneliti, bukan diambil oleh L’OREAL ataupun Kemendikbud,” tutup Arief.(AAN)

L’oreal kembali beri penghargaan pada perempuan peneliti Reviewed by on . Jakarta, INEWSAIR - Untuk kali ke-14, L'OREAL yang bekerjasama dengan Komite Nasional Indonesia untuk UNESCO (KNIU Kemendikbud) kembali menganugerahkan L'OREAL Jakarta, INEWSAIR - Untuk kali ke-14, L'OREAL yang bekerjasama dengan Komite Nasional Indonesia untuk UNESCO (KNIU Kemendikbud) kembali menganugerahkan L'OREAL Rating: 0

Leave a Comment

scroll to top