Monday , 24 September 2018

Home » EKBIS » LBP tertarik pada pemanfaatan nuklir di bidang Pertanian
LBP tertarik pada pemanfaatan nuklir di bidang Pertanian

LBP tertarik pada pemanfaatan nuklir di bidang Pertanian

July 29, 2017 10:54 am by: Category: EKBIS Leave a comment A+ / A-

Jakarta, INEWSAIR – Pemanfaatan teknologi nuklir yang dilakukan Batan, menurut Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan perlu dipromosikan kepada masyarakat secara terus menerus dan disinergikan dengan kementerian terkait.

Hal ini diungkap Kepala Batan Djarot S. Wisnubroto usai bertemu dengan Menko Maritim Luhut untuk membicarakan pemanfaatan iptek dan energi nuklir untuk tujuan damai.

“Menko tertarik dengan hasil pertanian Batan yang bisa disinergikan dengan Kementan. Terutama varietas padinya,” kata Djarot, Jumat (28/7).

Seperti diketahui Batan memang mengembangkan varietas unggul padi melalui teknologi nuklir, yang sudah menghasilkan 22 varietas padi. Salah satunya adalah varietas Tropical yang lebih tahan serangan hama dan tingkat produktivitas yang lebih tinggi. Atau varietas Sidenuk yang sudah diujicobakan dalam penanaman di 23 hektar area Purbalingga.

Tentu saja, varietas-varietas ini, walaupun dikembangkan dengan rekayasa radiasi tidak akan membahayakan pada konsumennya.

“Selain itu, menko juga tertarik dengan iradiasi gamma untuk pengawetan makanan, yang kedepannya dapat memberikan solusi bagi ketahanan pangan. Bahkan, menurut menko, perlu dibikin di tiap pelabuhan untuk kepentingan ekspor komoditas,” lanjut Djarot.

Terkait dengan pembangunan RDE, Djarot menyatakan belum ada pembahasan tersebut karena singkatnya waktu.

Untuk peresmian irradiator yang rencananya akan dilakukan pada akhir agustus atau awal september ini, Djarot menyatakan sedang menunggu jadwal presiden untuk proses peresmian.(AAN)

LBP tertarik pada pemanfaatan nuklir di bidang Pertanian Reviewed by on . Jakarta, INEWSAIR - Pemanfaatan teknologi nuklir yang dilakukan Batan, menurut Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan perlu dipromosikan kepada masyarakat secara Jakarta, INEWSAIR - Pemanfaatan teknologi nuklir yang dilakukan Batan, menurut Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan perlu dipromosikan kepada masyarakat secara Rating: 0

Leave a Comment

scroll to top