Sunday , 27 May 2018

Home » NEWS » NASIONAL » Kesiapan KPPU Menghadapi tahun Politik 2018
Kesiapan KPPU Menghadapi tahun Politik 2018

Kesiapan KPPU Menghadapi tahun Politik 2018

dok.Istimewa

December 20, 2017 3:16 pm by: Category: NASIONAL, NEWS 1 Comment A+ / A-

Jakarta, INEWSAIR  – Tekad Komisi Pengawas dan Persaingan Usaha (KPPU) di tahun 2018 mendatang tak lain adalah meningkatkan pengawalan bagi pengadaan barang dan jasa. Pasalnya, tahun 2018 merupakan tahun politik.

“Pemerintah ingin anggaran yang jumlahnya sangat besar itu, yang tahun lalu jumlahnya 2100 Triliun dan 8500 Miliar untuk pengadaan barang dan jasa bisa lebih efektif untuk pertumbuhan, menciptakan lapangan kerja baru. Kami ingin mengawal ini sehingga proses pengadaan barang dan jasa dilakukan secara transparan tanpa adanya misalnya persekongkolan, kartel dan sebagainya,” kata Ketua KPPU Syarkawi Rauf dalam acara ‘Outlook Persaingan Usaha 2018’ di sebuah hotel di Jakarta, Selasa (19/12/2017).

Tahun ini, KPPU lebih banyak mengawal di sektor komoditas pangan. Mulai dari minyak goreng, daging sapi, beras, kedelai dan lainnya.

Syarkawi melanjutkan, KPPU masih akan fokus mengawasi, terutama dalam persaingan digital ekonomi yang kini kian berkembang. Contohnya yakni transportasi online yang sejak tahun lalu masih menjadi isu terhangat.

“Yang menjadi perhatian KPPU ini akan berlanjut sampai tahun depan terkait dengan digital ekonomi. Di dalam negeri, kadang kita meresponnya kadang lambat kadang cepat. Saya kira debat antara pentingnya mengakomodir taksi atau berbasis transportasi online dengan yang konvensional ini, seperti apa menciptakan balancing sehingga dua-duanya bisa eksis di dalam ekonomi kita. Saya kira tahun depan masih tetap menjadi isu,” terang Syarkawi.

Demi mendorong pencegahan kecurangan, saat ini, KPPU sudah membuat daftar peringkat persaingan (competition checklist) agar bisa menjadi pedoman pembuat kebijakan, sehingga kebijakan tersebut nantinya bisa sesuai dengan prinsip-prinsip persaingan usaha.

Selain itu, KPPU juga berharap Amandemen UU bisa diselesaikan tahun 2018 agar bisa fokus membantu Pemerintah mengawasi iklim persaingan usaha di Indonesia.

“Amandemen Undang-Undang mudah-mudahan bisa selesai tahun 2018 di masa sidang selanjutnya sehingga ini memberikan fondasi bagi KPPU untuk bekerja ke depannya membantu, mensupport Pemerintah sehingga iklim persaingan ini bisa menjadi lebih sehat, investasi kita menjadi lebih baik dan pertumbuhan ekonomi kita bisa lebih tinggi,” pungkas Syarkawi.(GUN)

 

Kesiapan KPPU Menghadapi tahun Politik 2018 Reviewed by on . Jakarta, INEWSAIR  - Tekad Komisi Pengawas dan Persaingan Usaha (KPPU) di tahun 2018 mendatang tak lain adalah meningkatkan pengawalan bagi pengadaan barang dan Jakarta, INEWSAIR  - Tekad Komisi Pengawas dan Persaingan Usaha (KPPU) di tahun 2018 mendatang tak lain adalah meningkatkan pengawalan bagi pengadaan barang dan Rating: 0

Comments (1)

  • makharyacargo

    makasih infonya lebih baik

Leave a Comment

scroll to top