Thursday , 15 November 2018

Home » EKBIS » Inkowapi kuatkan umkm dengan program sahara
Inkowapi kuatkan umkm dengan program sahara

Inkowapi kuatkan umkm dengan program sahara

dok.istimewa

October 29, 2017 2:12 am by: Category: EKBIS Leave a comment A+ / A-

Jakarta, INEWSAIR – Untuk meningkatkan kinerja para pengelola warung sembako, Induk Koperasi Wanita Pengusaha Indonesia (Inkowapi) menggelar program 1.000 Agen Sembako Sahara, yang menghadirkan sekitar 1.000 pengelola warung sembako, yang mayoritasnya adalah kaum ibu.

Sekretaris Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Agus Muharram yang hadir untuk meresmikan peluncuran program ini mengungkapkan program ini sangat bagus untuk mendukung penguatan bisnis ekonomi masyarakat dan kementerian sangat mendukung kegiatan ini.

“Kalau ibu-ibu bisa meningkatkan usahanya maka kaum ibu ikut mengentaskan kemiskinan,” kata Agus di Aula Kementerian Koperasi dan UKM Jakarta, Rabu (25/10). Agus berharap dari 1.000 agen sembako Sahara pada 2017 dapat berkembang lebih banyak lagi pada tahun-tahun selanjutnya.

“Untuk tahun ini 1.000 agen sembako, maka tahun depan bisa menjadi 10.000, dan tahunnya lagi menjadi 1 juta agen sembako. Kalau ini tercapai maka barulah dapat berdampak, sebab sembako merupakan kebutuhan yang tidak bisa dilepaskan dalam keseharian kehidupan masyarakat,” ucap Agus.

Ketua Umum Inkowapi Ir. Sharmila memaparkan melalui Sahara, Inkowapi bertugas membina kaum ibu-ibu yang mempunyai usaha warung sembako dan melakukan pembinaan agar kaum ibu-ibu dapat memaksimalkan hasil dari warung mereka.

“Selama ini mereka menjalankan usahanya sendiri-sendiri dan belum pernah mendapatkan pelatihan pengelolaan usaha yang baik. Karena itulah kami mengumpulkan mereka semua di dalam wadah koperasi Sahara. Kedepannya, kita harapkan UMKM dapat menjadi tulang punggung masyarakat,” kata Sharmila.

Sharmila melanjutkan bahwa selama ini para ibu-ibu membeli gula pasir dari agen sembako dengan harga Rp13.000 per kilogram. Kini setelah mereka menjadi anggota koperasi maka bisa mendapatkan harga gula pasir dengan harga lebih murah yakni Rp11.700 per kilogram.

“Meski selisihnya tidak banyak tapi bagi ibu-ibu, beda harga sedikit saja maka ibu-ibu akan pindah beli ke warung yang lebih murah,” ujarnya.

Sharmila menjelaskan, Sahara membantu para ibu-ibu dalam hal pembelian bersama sembako, penjualan bersama, dan pembiayaan bersama.  Inkowapi berharap semua pemilik warung tradisional yang menjadi binaan Sahara dapat mengelola warungnya dengan manajemen yang baik dan usahanya bisa meningkat.

Ada tiga hal yang menjadi perhatian Sahara yakni, pendidikan dan pelatihan usaha, permodalan, dan sistem teknologi informasi (IT System).

“Saat ini orang bisa berbelanja ke warung-warung binaan Sahara melalui aplikasi di smartphone android bernama Sembako Sahara. Jadi, pembeli dan agen pemilik warung bisa bertransaksi pembelian-penjualan sembako langsung di aplikasi tersebut,” jelas Sharmila.

Sahara bekerja sama dengan Program OK OCE menargetkan minimal ada satu warung sembako binaan Sahara di tiap kelurahan di Jakarta. Bahkan, diharapkan program ini juga bisa diterapkan di daerah lain di sekitar Jakarta. Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno yang turut hadir di akhir acara, menegaskan dukungan Pemprov DKI pada program Sahara ini.

“Pemprov sangat peduli dengan lapangan kerja dan harga bahan pokok. Dengan kerjasama Sahara dan program OKE OCE kita akan wujudkan One Kecamatan One Entrepreneur,” tegas Sandiaga.

Sandiaga juga menyatakan pemprov akan mendukung program pelatihan dengan Sahara. Juga akan mengusahakan permodalan bagi pemilik warung sembako yang memiliki potensi untuk berkembang.

“Kita akan mengadakan pelatihan di tiap kecamatan. Materinya bisa berupa manajemen keuangan, pengelolaan maupun promosi,” ujar Sandiaga.

Turut hadir dalam acara ini perwakilan dari PT Bank BNI Persero Tbk dan Bahana Artha Bengkayang diharapkan dapat membantu para pemilik warung sembako dengan permodalan mikro maupun KUR.(AAN)

Inkowapi kuatkan umkm dengan program sahara Reviewed by on . Jakarta, INEWSAIR - Untuk meningkatkan kinerja para pengelola warung sembako, Induk Koperasi Wanita Pengusaha Indonesia (Inkowapi) menggelar program 1.000 Agen Jakarta, INEWSAIR - Untuk meningkatkan kinerja para pengelola warung sembako, Induk Koperasi Wanita Pengusaha Indonesia (Inkowapi) menggelar program 1.000 Agen Rating: 0

Leave a Comment

scroll to top