Wednesday , 15 August 2018

Home » EKBIS » HSBC dan PSF lanjutkan kerjasama edukasi bidang ekonomi
HSBC dan PSF lanjutkan kerjasama edukasi bidang ekonomi

HSBC dan PSF lanjutkan kerjasama edukasi bidang ekonomi

dok.istimewa

May 16, 2017 8:41 pm by: Category: EKBIS Leave a comment A+ / A-

Jakarta, INEWSAIR – Penulisan dan publikasi karya ilmiah di Indonesia terbilang rendah. Menurut data Scimago Journal and Country Rank tahun 2015, jumlah karya dan publikasi ilmiah bidang bisnis dan manajemen di Indonesia berjumlah 452 dokumen. Jauh tertinggal dibandingkan Malaysia, 1.070 dokumen dan Singapura, 528 dokumen. Padahal, penduduk Indonesia berjumlah 8 kali jumlah penduduk Malaysia dan 40 kali jumlah penduduk Singapura.

Hal ini mendorong Bank HSBC Indonesia melanjutkan kerja samanya dengan Putra Sampoerna Foundation, untuk tahun kedua. Kegiatan tahun ini, diawali dengan lokakarya riset dan publikasi ilmiah keuangan dan perbankan bagi para dosen.

“Kami merasa perlu untuk terlibat dalam upaya pengembangan inklusi keuangan, salah satunya adalah dengan mendorong peneliti untuk membuat karya hasil penelitian dalam bentuk tulisan, tentunya dalam hal ini dalam konteks ekonomi keuangan,” kata Head of Corporate Sustainability HSBC Indonesia Nuni Sutyoko saat Konpers Lokakarya Mengarahkan Keuangan dan Perbankan untuk Pembangunan di Best Western The Hive Jakarta, Senin (15/5).

Nuni menjelaskan skema kerja sama adalah pada edukasi ekonomi keuangan, bagi dosen, mahasiswa, masyarakat dan riset.

“Untuk lokakarya ini, kami berfokus pada para dosen. Lokakarya ini menjadi wadah untuk mendiskusikan isu dan tren terbaru sekaligus menjadi tempat pelatihan bagi para dosen yang belum familiar dengan sistem jurnal digital,” ucap Nuni.

Pemilihan riset menjadi salah satu bentuk kerja sama menurut Project Manager Program Kerjasama HSBC-PSF dan Ekonom Sampoerna University Wahyoe Soedarmono, karena publikasi riset dapat menjadi salah satu indikator kemajuan pendidikan di sebuah negara.

“Dengan lokakarya ini,  kami harapkan sivitas akademika diberikan pemahaman mengenai topik terkini di sektor keuangan dan perbankan yang dapat dikembangkan lebih lanjut, baik yang menyangkut aspek makroprudensial dan mikroprudensial, dalam rangka mendorong pendalaman dan stabilitas sektor keuangan untuk pertumbuhan ekonomi,” papar Wahyoe.

Wahyoe juga menambahkan, pada lokakarya yang dihadiri sekitar 200 dosen sebagai peserta dan Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan, Smesco serta Lembaga Keuangan Mikro, diberikan panduan praktis tentang bagaimana menulis riset ilmiah dan publikasi riset di jurnal internasional.

“Program kerjasama ini merupakan CSR dari HSBC dengan target jangka panjang untuk pendidikan dan enviroment. Bentuk investasinya melalui riset, pengajaran dosen, modul dan pengabdian masyarakat. Valuenya yaitu 0,05% dari PDB,” tutup Nuni.(AAN)

 

HSBC dan PSF lanjutkan kerjasama edukasi bidang ekonomi Reviewed by on . Jakarta, INEWSAIR - Penulisan dan publikasi karya ilmiah di Indonesia terbilang rendah. Menurut data Scimago Journal and Country Rank tahun 2015, jumlah karya d Jakarta, INEWSAIR - Penulisan dan publikasi karya ilmiah di Indonesia terbilang rendah. Menurut data Scimago Journal and Country Rank tahun 2015, jumlah karya d Rating: 0

Leave a Comment

scroll to top