Saturday , 23 June 2018

Home » LIFE STYLE » HEALTH » Hidup sehat ala pangan kemasan
Hidup sehat ala pangan kemasan

Hidup sehat ala pangan kemasan

August 3, 2017 9:09 pm by: Category: HEALTH, LIFE STYLE Leave a comment A+ / A-

Jakarta, INEWSAIR – Ternyata pangan kemasan pun mampu menyajikan nutrisi yang tepat jika kita tahu triknya. Karena pangan kemasan mampu memberikan informasi gizi dan cara penyajian yang tepat pada konsumen.

Pakar Pangan Aman, Halim Nababan menjelaskan informasi yang disajikan pangan kemasan sebenarnya mampu memberi manfaat bagi para konsumen untuk mendapatkan pangan yang tepat sesuai kebutuhannya.

“Mengapa pangan kemasan bisa menjadi pangan aman dan bernutrisi? Karena pangan kemasan itu diproduksi secara aman. Perusahaan yang memproduksi makanan kemasan biasanya memberlakukan pengecekan secara berkala pada produknya dan selalu melakukan pemantauan fungsi mesin-mesinnya. Sehingga bisa kita asumsikan, bahwa produknya aman,” papar Halim saat talkshow Pangan Aman Hidup Sehat yang digelar oleh Nutricia Sari Husada di Penang Bistro Jakarta, Selasa (1/8).

Hal lainnya, menurut Halim, yang bisa membuat pangan kemasan menjadi pangan aman adalah tampilan informasi terkait gizi, peruntukan dan cara penyajiannya.

“Dengan adanya informasi kandungan pada kemasan, konsumen akan mengetahui apakah pangan tersebut sesuai dengan kebutuhannya atau tidak dan apakah sesuai dengan peruntukannya,” ucap Halim.

Pemaparan Halim ini juga didukung oleh dr. Juwalita Surapsari, M.Gizi, SpGK.

“Pangan kemasan memberikan informasi terkait peruntukan, takaran saji dan cara penyajian di kemasannya. Sehingga, jika konsumen bisa mencermatinya dengan baik, pangan kemasan akan memberikan manfaat yang baik bagi konsumen,” kata dr. Juwalita. Juwalita mencontohkan, pada susu kemasan ada informasi terkait kandungan dan takaran saji, yang akan artinya produk tersebut akan memberikan manfaat terbaik bagi anak-anak atau bayi yang mengkonsumsinya, jika diberikan sesuai aturan dan takaran saji.

“Dalam memberikan susu bagi anak-anak, harus sesuai dengan takaran dan jumlah penyajiannya. Jika kurang dari takaran dan jumlah penyajian, maka anak akan berpotensi kekurangan nutrisi. Jika berlebihan maka akan mubazir,” papar dr. Jurwalita. Hal terakhir yang menjadi keunggulan pangan kemasan, menurut Halim, adalah ditampilkannya masa kadaluarsa dari produk. “Dengan adanya tampilan masa kadaluarsa, maka konsumen akan selalu mendapatkan pangan yang masih dalam kondisi baik,” kata Halim.

Intinya, konsumen haruslah cerdas memanfaatkan apa yang disajikan pada kemasan untuk mendapatkan manfaat terbaik dari pangan kemasan. Sehingga walaupun mengkonsumsi pangan kemasan, konsumen tetap mendapatkan nutrisi yang tepat dan pastinya tetap hidup sehat.(AAN)

 

Hidup sehat ala pangan kemasan Reviewed by on . Jakarta, INEWSAIR - Ternyata pangan kemasan pun mampu menyajikan nutrisi yang tepat jika kita tahu triknya. Karena pangan kemasan mampu memberikan informasi giz Jakarta, INEWSAIR - Ternyata pangan kemasan pun mampu menyajikan nutrisi yang tepat jika kita tahu triknya. Karena pangan kemasan mampu memberikan informasi giz Rating: 0

Leave a Comment

scroll to top