Saturday , 23 June 2018

Home » NEWS » NASIONAL » Festival Sholawat Nusantara perebutkan Piala Presiden
Festival Sholawat Nusantara perebutkan Piala Presiden

Festival Sholawat Nusantara perebutkan Piala Presiden

February 21, 2018 10:02 pm by: Category: NASIONAL, NEWS Leave a comment A+ / A-

Jakarta, INEWSAIR – Shalawat atau pujian dan doa kepada Nabi Muhammad SAW merupakan salah satu pilar penting dalam ajaran islam. Allah memerintahkan kepada semua muslim untuk melantunkan pujian dan doa kepada Nabi Muhammad. Saking pentingnya. bahkan Allah sendiri menjelaskan Dia bershalawat kepada Nabi SAW sebelum memerintahkan kaum muslim melakukannya. Tidak ada perintah agama selain bershalawat yang sebelum diperintahkan kepada manusia. Allah sendiri juga melakukannya.

Ragam shalawat yang memiliki akar tradisi dalam budaya masyarakat merupakan kekuatan sekaligus ciri otentik masyarakat muslim Nusantara. Sebagaimana masyarakat muslim di seluruh dunia yang juga memiliki tradisi lisan dan shalawatnya sendiri-sendiri.

“Dalam konteks itulah acara Festival Sholawat Nusantara kami selenggarakan. Ini adalah upaya merawat tradisi dan kearifan lokal sekaligus mengangkat kembali kekayaan islam Nusantara.” ujar Nusron Wahid. inisiator acara sekaligus Ketua Panitia Pengarah. Menurut Nusron, kekayaan tradisi shalawat di Indonesia adalah bukti bahwa kehadiran islam tidak menggerus budaya lokal tapi justru membaur dan saling menguatkan. “Dengan tema acara Cinta Sang Nabi, kami ingin menabur kembali nilai Islam yang penuh bahasa cinta, bukan bahasa perbedaan dan kebencian,” ujar Nusron.

Acara Festival Sholawat Nusantara sendiri adalah lomba berjenjang untuk memperebutkan piala Presiden Joko Widodo. Lomba akan diikuti oleh beragam kelompok pengajian, pesantren. mahasiswa dan pelajar, bahkan sampai pengajian kantor. BUMN dan berbagai majelis keagamaan di masyarakat.

Lomba akan dilaksanakan serentak di seluruh indonesia. “Kami mulai dari lomba antar kemacamatan, lalu kabupaten, antar propinsi, sampai tingkat nasional. Puncaknya nanti akan digelar acara yang menampilkan pemenang-pemenang lomba dan akan dihiasai iringan orchestra sehingga kemegahan shalawat akan lebih terasa.”

Menurut ketua Panitia Acara Habib Sholeh, digelarnya acara ini sekaligus sebagai inisiatif untuk lebih mengedepankan ajaran IsIam yang damai dan menumbuhkan kecintaan pada Nabi SAW. “Kita perlu mengingatkan kembali ruh ajaran islam untuk meneladani akhlak Rasulullah. Shalawat sebagai ekspresi cinta umat kepada Nabinya merupakan salah satu cara untuk memberikan nuansa islam yang sejuk,” ujarnya.

“Kami meyakini. ketika kita kembali terbiasa mengekspresikan bahasa cinta dalam tradisi keagamaan. maka akan tercipta suasana yang lebih adem. Agama jadi perekat yang menguatkan bukan menjadi faktor yang bisa memecah belah.“ (TON)

Festival Sholawat Nusantara perebutkan Piala Presiden Reviewed by on . Jakarta, INEWSAIR - Shalawat atau pujian dan doa kepada Nabi Muhammad SAW merupakan salah satu pilar penting dalam ajaran islam. Allah memerintahkan kepada semu Jakarta, INEWSAIR - Shalawat atau pujian dan doa kepada Nabi Muhammad SAW merupakan salah satu pilar penting dalam ajaran islam. Allah memerintahkan kepada semu Rating: 0

Leave a Comment

scroll to top