Wednesday , 23 May 2018

Home » LIFE STYLE » ELIRA : Terobosan Anyar PTLR BATAN
ELIRA : Terobosan Anyar PTLR BATAN

ELIRA : Terobosan Anyar PTLR BATAN

September 27, 2017 5:04 pm by: Category: LIFE STYLE, TEKNO Leave a comment A+ / A-

Jakarta, INEWSAIR – Dalam menjalankan fungsinya sebagai pengelola limbah, melalui Pusat Teknologi Limbah Radioaktif (PTLR), Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) kembali melakukan terobosan dengan menciptakan aplikasi pengurusan administrasi pengelolaan limbah radioaktif secara online yang dinamakan eLira.

Deputi Bidang Teknologi Energi Nuklir Batan Ir Suryantoro, MT menyatakan aplikasi ini sudah mulai dipergunakan sejak November 2016.

“Aplikasi ini mampu memangkas waktu pengurusan administrasi hingga 2 hari, dari sebelumnya 14-30 hari. Dari semenjak pengoperasiannya, respon dari penghasil limbah sangat baik,” kata Suryantoro di sela-sela Seminar Nasional Teknologi Pengelolaan Limbah XV di Universitas Indonesia Depok, Selasa (26/9).

Pembinaan edukatif pun dilakukan intensif, baik melalui workshop maupun forum diskusi untuk menanggapi keluhan ataupun pertanyaan dari pengguna aplikasi.

“Dari awal 2017, PTLR sudah mengadakan 3 kali workshop dan yang ke-4 akan diadakan pada Oktober 2017. Dan kita juga ada grup di salah satu aplikasi online, bagi para pelanggan untuk mengkomunikasikan masalah yang muncul,” ucap Suryantoro.

Suryantoro juga menyampaikan dengan aplikasi ini maka Batan mendukung transparansi dan kemudahan untuk menelusuri kegiatan pengelolaan limbah radioaktif. Dan aplikasi ini sudah menghasilkan Rp400 juta sejak diluncurkan.

Tapi terkait edukasi kepada masyarakat luas, Suryantoro mengakui masih perlu dilakukan survei untuk mengukur tingkat kepahaman masyarakat awam mengenai limbah radioaktif dan bahayanya.

“Harus dipahami bahwa limbah radioaktif itu ada pada peringkat ke-7 dalam daftar cara pengangkutannya, setelah bahan jenis explosive, gas flammable, liquid flammable, solid flammable, oksidator dan toxic. Jadi memang harus ada pengukuran mengenai kepahaman akan tingkat bahaya dari bahan radioaktif,” urai Suryantoro.(AAN)

ELIRA : Terobosan Anyar PTLR BATAN Reviewed by on . Jakarta, INEWSAIR - Dalam menjalankan fungsinya sebagai pengelola limbah, melalui Pusat Teknologi Limbah Radioaktif (PTLR), Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) Jakarta, INEWSAIR - Dalam menjalankan fungsinya sebagai pengelola limbah, melalui Pusat Teknologi Limbah Radioaktif (PTLR), Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) Rating: 0

Leave a Comment

scroll to top