Monday , 24 September 2018

Home » NEWS » NASIONAL » Citos Indonesia Gugat Partai Solidaritas Indonesia
Citos Indonesia Gugat Partai Solidaritas Indonesia

Citos Indonesia Gugat Partai Solidaritas Indonesia

foto.Ajie

June 3, 2018 12:36 pm by: Category: NASIONAL, NEWS Leave a comment A+ / A-

Jakarta, INEWSAIR – Kabar beredarnya video yang diduga dibuat oleh Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang telah menjadi viral di media sosial ternyata menyisakan luka mendalam bagi Komunitas Pecinta Soeharto yang tergabung dalam jajaran pengurus DPP Citos Indonesia. Pasalnya, Materi video tersebut dinilai mencemarkan nama baik mantan presiden Soeharto beserta keluarganya.

Menurut ketua umum DPP Citos Indonesia, Giyanto Hadi Prayitno mengungkapkan jika pihaknya sangat menyesalkan atas beredarnya postingan video yang diduga dibuat oleh Partai Solidaritas Indonesia, karean didalam isi materi video tersebut dinilai mendiskreditkan mantan Presiden Soeharto dan keluarganya. “Isi materi video yang beredar di medsos tersebut, kami nilai telah menyudutkan pak Harto, sehingga kami merasa terpanggil untuk meluruskan sebagian sejarah dari bangsa Indonesia ini. Atas nama supremasi hukum dan hak yang kami hormati, maka Citos Indonesia memandang penting untuk mengambil langkah hukum sesuai dengan amanat Undang-undang di Republik Indonesia ini”, ungkap Giyanto kepada Inewsair.

Ditempat yang sama, Wakil sekertaris jenderal Citos Indonesia, Agus Wahid, menegaskan jika pihaknya mendapatkan postingan video berjudul ‘Orba dan dan Pelanggaran HAM’ yang diduga kuat diproduksi oleh Partai Solidaritas Indonesia. Namun Citos Indonesia berusaha memperihatkan tayangan video yang menjadi keberatan mereka kepada para Inewsair.
Usai mencermati postingan video tersebut, Citos Indonesia mencatat ada beberapa hal yang dilakukan PSI. Pertama, PSI diduga sengaja mendramatisasi persoalan yang terjadi di masa Orde Baru. Kedua, PSI diduga melakukan pembelokan sejarah.

“Peristiwa itu memang pernah terjadi, namun ada elemen-elemen tertentu yang sengaja disembunyikan. Pertistiwa itu antara lain adalah tragedi G30S PKI tahun 1965, penembakan misterius tahun 1982-1985, peristiwa Tanjung Priuk tahun 1984, peristiwa Talang Sari tahun 1989, kemudian peristiwa penangkapan aktivis hingga tragedi Mei 1998,” terang Agus.
Sementara itu, menurut Ketua Tim Kuasa Hukum Citos Indonesia, Fuadi Hartono menjelaskan jika beredarnya video yang diduga kuat dilakukan PSI, pihaknya melayangkan nota keberatan, sekaligus memberikan somasi kepada Partai yang dikomandoi Grace Natalie.

Kuasa Hukum Citos juga menyayangkan isi video yang diduga diproduksi PSI, yang diduga mengandung ujaran kebencian. “Karena ujaran kebencian itu dilindungi oleh Undang-Undang ITE Nomor 19 Tahun 2016. Pasal 27 ayat (1) juncto Pasal 4A ayat (1), ancamannya pidana maksimal 6 tahun dan denda materil Rp 1 miliar,” paparnya.

Bukan itu saja, PSI wajib mensikapi keberatan-keberatan Citos Indonesia melalui somasi yang telah dikirimnya tanggal 1 Juni 2018, dengan tenggat waktu 1 x 24 jam. Jika tidak direspon oleh PSI, Tim Kuasa Hukum Citos Indonesia akan menempuh proses hukum selanjutnya. (AJIE)

Citos Indonesia Gugat Partai Solidaritas Indonesia Reviewed by on . Jakarta, INEWSAIR – Kabar beredarnya video yang diduga dibuat oleh Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang telah menjadi viral di media sosial ternyata menyisak Jakarta, INEWSAIR – Kabar beredarnya video yang diduga dibuat oleh Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang telah menjadi viral di media sosial ternyata menyisak Rating: 0

Leave a Comment

scroll to top