Tuesday , 23 October 2018

Home » EKBIS » BRI lanjutkan komitmen pembiayaan KUR bagi TKI
BRI lanjutkan komitmen pembiayaan KUR bagi TKI

BRI lanjutkan komitmen pembiayaan KUR bagi TKI

November 23, 2017 11:53 am by: Category: EKBIS Leave a comment A+ / A-

Jakarta, INEWSAIR – Menindaklanjuti skema KUR bagi para tenaga kerja Indonesia yang bekerja di luar negerti, Bank BRI melakukan penyerahan secara simbolis pembiayaan KUR kepada 3 TKI Purna (Tenaga Kerja Indonesia yang telah kembali dari luar negeri) yang berasal dari Kalimantan Barat.

Direktur Utama Bank BRI Suprajarto menyampaikan bahwa ini adalah rangkaian langkah yang sudah dilakukan Bank BRI sejak 2015 untuk meningkatkan literasi keuangan di kalangan TKI dalam rangka meningkatkan perekonomian Indonesia.

“Bank BRI berkomitmen untuk memberikan layanan keuangan yang terintegrasi bagi para TKI di luar negeri,” kata Suprajarto melalui rilis yang dirimkan pada inewsair dari Kuching, Malaysia, Rabu (22/11).

Pada  September 2017, Bank BRI telah menandatangani Nota Kesepahaman Kerjasama dengan KBRI Kuala Lumpur terkait penyediaan jasa layanan perbankan melalui Kartu Pekerja Indonesia Malaysia (KPIM).

Selang sebulan, yakni pada Oktober 2017, Bank BRI bekerjasama dengan Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) Taipei untuk menerbitkan Kartu Pekerja Indonesia (KPI) Taiwan.

Suprajarto menyampaikan Bank BRI juga berperan aktif dalam menyediakan dukungan finansial kepada TKI baik sebelum mereka berangkat, saat mereka di luar negeri dan saat kembali.

“Sebelum berangkat, TKI dapat mengajukan pembiayaan dengan plafond maksimal Rp25 juta, yang digunakan untuk mengganti biaya dokumen, kesehatan, pelatihan, kompetensi serta pemberangkatan TKI. Saat TKI di luar negeri, KUR dapat diberikan bagi keluarga yang ditinggalkan. Dan saat kembali, TKI dapat mengajukan untuk keperluan modal usaha,” papar Suprajarto.

Sejak peluncuran di Agustus 2015 hingga pertengahan November 2017, tercatat Bank BRI sudah menyalurkan Rp166,6 milyar untuk 13 ribu TKI. Hingga akhir 2017, target KUR Bank BRI adalah Rp71,2 triliun.

“Harapannya, dengan pemberdayaan yang diberikan oleh Bank BRI bisa meningkatkan kualitas dan kapabilitas TKI sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan baik bagi TKI maupun keluarganya,” ucap Suprajarto.

Acara yang digelar di Stadium Perpaduan Kuching ini dihadiri oleh Presiden Joko Widodo, 6 menteri kabinet kerja, Duta Besar RI untuk Malaysia Rusdi Kirana, Konjen RI untuk Kuching Jahar Gultom dan 6.000 orang TKI.

Alasan mengapa Malaysia yang terpilih sebagai lokasi penyerahan KUR secara simbolis adalah karena Malaysia adalah negara dengan jumlah TKI terbanyak. Menurut data BNP2TKI hingga pertengahan 2017, ada 3,4 juta TKI dan 1,8 juta orang berada di Malaysia.(AAN)

 

BRI lanjutkan komitmen pembiayaan KUR bagi TKI Reviewed by on . Jakarta, INEWSAIR - Menindaklanjuti skema KUR bagi para tenaga kerja Indonesia yang bekerja di luar negerti, Bank BRI melakukan penyerahan secara simbolis pembi Jakarta, INEWSAIR - Menindaklanjuti skema KUR bagi para tenaga kerja Indonesia yang bekerja di luar negerti, Bank BRI melakukan penyerahan secara simbolis pembi Rating: 0

Leave a Comment

scroll to top