Thursday , 15 November 2018

Home » EKBIS » Batan resmi jadi LS Person
Batan resmi jadi LS Person

Batan resmi jadi LS Person

dok.Istimewa

August 3, 2017 8:58 pm by: Category: EKBIS Leave a comment A+ / A-

Jakarta, INEWSAIR – Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) sebagai pengemban dari fungsi penelitian, pengembangan dan pendayagunaan nuklir, kembali melakukan langkah pengembangan daya saing Indonesia di kancah Internasional, dengan ditetapkannya Pusat Standarisasi dan Mutu Nuklir (PSMN) sebagai Lembaga Sertifikasi Person (LS Person).

Kepala Batan Djarot S Wisnubroto menyatakan Batan sangat aktif untuk mendorong pekerja Indonesia di bidang aplikasi teknologi nuklir mendapatkan kepercayaan dunia internasional dan turut mengambil peran dalam arus persaingan tingkat Internasional.

“Salah satunya adalah kita mengembangkan penggunaan teknologi nuklir yang tidak merusak. Contohnya adalah pemanfaatan dalam pengecekan kondisi mesin pesawat tanpa harus membuka mesin pesawatnya,” kata Djarot saat konpers penetapan Batan sebagai LS Person di Batan Pair Pasar Jumat Jakarta, Kamis (3/8).

Djarot melanjutkan, akhirnya dalam perkembangannya, Batan menyadari akan kebutuhan akan legalitas dan kompetensi dari para operator. Sehingga Batan mulai melakukan LS Person pada tahun 2004, walau belum mendapat perhatian yang serius.

Baru pada tahun 2013, LS Person mempersiapkan diri untuk memperoleh lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) dan dilanjutkan dengan mempersiapkan dokumen mutu, personel kompeten sebagai asesor kompetensi dan persyaratan lainnya pada tahun 2014.

Pada tahun 2015, Batan melanjutkan ke proses pengajuan akreditasi ke Komite Akreditasi Nasional (KAN). Dan akhirnya pada 24 Mei 2017, KAN menerbitkan Sertifikat Akreditasi No LSP-010-IDN untuk lingkup Sertifikasi Personel Radiografi Level 1 dan Level 2 dengan mengacu pada SNI ISO 9712: 2014 ‘Uji Tak Rusak-Kualifikasi dan Sertikasi Personal’.

Kepala PSMN Budi Santoso, alasan Batan menjadi LS Person adalah karena sertifikasi personel merupakan cara untuk membangun kepercayaan stakeholders.

“Nilai sertifikasi merupakan tingkat keyakinan dan kepercayaan yang diberikan LS Person dengan menunjukkan ketidakberpihakan dan kompeten terhadap pemenuhan persyaratan tertentu,” kata Budi.

LS Person akan melaksanakan sertifikasi personel di bidang ketenaganukliran yang mencakup personel radiografi, petugas dan supervisor iradiator, petugas analisis aktivasi neutron dan petugas radioisotop dan senyawa bertanda.

Menurut data, sudah ada 3.381 personel yang sudah mendapatkan sertifikasi dari 6.831 orang yang mengikuti proses sertifikasi.

“Untuk awal, proses seleksi akan dimulai pada syarat administrasi. Setelah itu, personel harus mengikuti diklat kompetensi terjadwal yang diadakan oleh Pusdiklat Batan, yang hasilnya akan diajukan pada PSMN. Setelah itu akan ada uji administrasi, uji attitude dan uji kesehatan,” ujar Budi.

Harapannya, dengan adanya LS Person ini, para pekerja di sektor teknologi nuklir akan mampu memperkuat daya saing bangsa dalam berkompetisi di era global.(AAN)

 

 

 

 

 

 

Batan resmi jadi LS Person Reviewed by on . Jakarta, INEWSAIR - Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) sebagai pengemban dari fungsi penelitian, pengembangan dan pendayagunaan nuklir, kembali melakukan lang Jakarta, INEWSAIR - Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) sebagai pengemban dari fungsi penelitian, pengembangan dan pendayagunaan nuklir, kembali melakukan lang Rating: 0

Leave a Comment

scroll to top