Thursday , 15 November 2018

Home » NEWS » NASIONAL » Arief Yahya tekankan pengelolaan SDM berstandar dunia di Rakornas Pariwisata 2017
Arief Yahya tekankan pengelolaan SDM berstandar dunia di Rakornas Pariwisata 2017

Arief Yahya tekankan pengelolaan SDM berstandar dunia di Rakornas Pariwisata 2017

July 25, 2017 1:26 pm by: Category: NASIONAL, NEWS Leave a comment A+ / A-

 Jakarta, INEWSAIR – Tak bisa dipungkiri, Indonesia saat ini sedang mengalami peningkatan pesat di bidang pariwisata. Masa emas yang dulu dirasakan saat booming-oil terjadi lagi, dengan faktor penyulutnya adalah industri pariwisata.

Tapi, jika faktor sumber daya manusianya tidak dikelola dengan baik, maka Indonesia tidak akan dapat memetik hasil yang maksimal.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menegaskan jika ingin naik bermain di kancah internasional maka harus mengacu pada standar global.

“Saat ini, Indonesia masih di peringkat 5 ASEAN pada bidang sertifikasi. Minimal ada standar regional untuk menghadapi flow of people. Kita sudah mengadakan sertifikasi dari bidang industri tapi tidak cukup. Kita usahakan semua lulusan perguruan tinggi kita sertifikasi, tapi juga tidak cukup. Sekarang, kita membuat program sertifikasi untuk siswa SMK dengan proyeksi total target hingga 2019 adalah 500.000 anak-anak Indonesia sudah certified sesuai Mutual Recognition Arrangement Tourism Professional (MRATP),” kata Arief, usai menutup Rakornas SDM Kementerian Pariwisata, Kamis (20/7).

Arief menegaskan saat ini Indonesia sudah menerapkan kurikulum standar dunia yaitu TEQUAL dan setelahnya, kita melakukan sertifikasi standar ASEAN pada saat kelulusan.

“Dengan melakukan ini, maka anak-anak lulusan Sekolah Tinggi Pariwisata akan memiliki standar kurikulum dunia dan standar ASEAN sertifikasi,” lanjut Arief.

Dan hal yang paling menarik, dengan program untuk SMK ini, menurut Arief adalah adanya program magang yang ditujukan bukan hanya untuk siswa SMK tapi juga para pengajarnya.

“Pekerja Pariwisata itu sifatnya vocational, jadi membutuhkan pengalaman kerja di lapangan bukan hanya teori di kelas,” ucap Arief.

Maanfaat dari sertifikasi ini, menurut Arief terlihat pada peluang kerja lulusan perguruan tinggi dibawah Kemenpar, dimana 100% diterima oleh pasar.

“30% dari lulusan perguruan tinggi, bekerja di luar negeri. Contohnya di Malaysia dan Middle East,” papar Arief bangga.

Dari hasil rakornas ini, dilaporkan ada peningkatan pada jumlah yaitu 59 LSP per Juli 2017 di 12 provinsi dari 12 LSP di 10 provinsi pada tahun 2016.

“Selain laporan tentang peningkatan jumlah LSP, dibahas tentang kendala program sertifikasi, yaitu terkait lemahnya di bidang penguasaan bahasa asing, IT dan leadership,” kata Deputi Bidang Pengembangan Kelembagaan Kepariwisataan Profesor Ahman Sya.

Untuk kedepannya, Ahman Sya menjelaskan akan ada peningkatan standarisasi secara bertahap.(AAN)

Arief Yahya tekankan pengelolaan SDM berstandar dunia di Rakornas Pariwisata 2017 Reviewed by on .  Jakarta, INEWSAIR - Tak bisa dipungkiri, Indonesia saat ini sedang mengalami peningkatan pesat di bidang pariwisata. Masa emas yang dulu dirasakan saat booming  Jakarta, INEWSAIR - Tak bisa dipungkiri, Indonesia saat ini sedang mengalami peningkatan pesat di bidang pariwisata. Masa emas yang dulu dirasakan saat booming Rating: 0

Leave a Comment

scroll to top