Monday , 16 July 2018

Home » NEWS » NASIONAL » Ancaman Baru untuk Antartika, Apakah itu?
Ancaman Baru untuk Antartika, Apakah itu?

Ancaman Baru untuk Antartika, Apakah itu?

dok.Istimewa

July 10, 2018 11:03 pm by: Category: NASIONAL, NEWS Leave a comment A+ / A-

Jakarta, INEWSAIR – Ternyata bukan hanya pemanasan bumi yang menyebabkan salah satu gleiser terkenal Antartika, The Pine Island mencair. Menurut analisa yang dilakukan oleh para peneliti di Lapisan Es Antartika Barat, ditemukan sumber panas yang diperkirakan berasal dari kegiatan vulkanik dibawah gleiser tersebut.

Salah seorang oseanograf dari The University of Rhode Island, Brice Loose menyatakan saat ini memang belum diketahui secara jelas dimana lokasi asal panas ini. Tapi hilangnya es akibat peningkatan suhu selama ini, akan semakin banyak jika ditambah dengan sumber panas yang baru ditemukan.

“Berdasarkan observasi kami, perubahan iklim menyebabkan sebagian besar pencairan gleiser dan penemuan sumber panas baru ini belum dapat kami temukan efeknya, karena kami belum tahu bagaimana panas baru ini terdistribusi dibawah lapisan es,” kata Loose seperti dilansir Nature Communications, Minggu (8 Juli 2018).

Menurut Loose, yang bisa mereka lakukan saat ini hanya memantau peningkatan tinggi batas air laut dan melakukan pemodelan berdasarkan data yang ada.

Pernyataan Loose ini menjadi suatu negasi atas anggapan bahwa dengan adanya sumber panas baru maka penelitian atas perubahan iklim dan pengaruhnya pada pencairan es akan berhenti. Para peneliti lebih melihat sumber panas baru ini akan membantu para peniliti untuk dapat mengerti mengapa lapisan es dapat retak.

Ini semua diawali pada tahun lalu, dimana terjadi perpecahan es yang ukurannya mencapai 4 kali dari Manhattan, Amerika Serikat di Gleiser Pine Island. Saat ini terjadi, peneliti sama sekali tidak sedang mencari sumber panas volkanik dibawah dataran es. Tapi peneliti menemukan konsentrasi tinggi dari gas helium-3 di air pada area tersebut. Menurut data, konsentrasi tinggi helium adalah suatu penanda akan adanya aktivitas gunung api. Dengan penelitian isotop yang dilakukan, menunjukan keberadaan helium ini berkaitan sumber panas yang aktif.

“Kami tidak dapat memastikan keberadaan gunung api dengan indikator yang biasa, yaitu panas dan asap. Karena puncak gunung api itu berada berkilometer jauhnya dibawah es,” kata Loose.
Memang, Lapisan Es Antartika Barat memang sudah diketahui berada pada puncak jajaran gunung api bawah laut tapi hingga saat ini belum pernah ditemukan bukti adanya kegiatan magmatik selama hampir 2.000 tahun. Ini diketahui hanya dari deteksi isotop helium.

Menemukan bahwa ada sumber panas aktif yang dekat dengan Pine Island mendorong para peneliti untuk mulai menghitung ulang kalkulasi mereka tentang seberapa cepat lapisan es dapat mencair dan retak. Dan ini dapat terlihat langsung dengan peningkatan level air laut.

Jika seluruh Gleiser Pine Island ini mencair, menurut perhitungan yang dilakukan peneliti, maka air laut akan meningkat sekitar 50 cm secara global. Dengan hadirnya hasil penelitian tentang sumber panas baru ini, maka risiko es mencair atau retak akan semakin besar.

Peneliti dari University of East Anglia UK, Karen Heywood menyatakan dengan adanya perubahan iklim yang memperlemah dan mencairkan gleiser, artinya tekanan pada lapisan mantel akan berkurang. Ini akan mendorong lebih banyak panas yang dapat keluar dari bebatuan dibawah es, yang kemungkinan akan menyebabkan semakin banyak es yang hilang.

“Penemuan gunung api di bawah lapisan es berarti ada tambahan panas dalam proses pemanasan yang mampu melumerkan es, mempermudah panas menuju ke lautan dan menambah proses pelumeran yang berasal dari air laut yang hangat,” kata Heywood.

Heywood menegaskan pentingnya hal ini dalam usaha memperkirakan kapan lapisan es Antartika menjadi tidak stabil yang selanjutnya akan meningkatkan ketinggian air laut.(AAN)

Ancaman Baru untuk Antartika, Apakah itu? Reviewed by on . Jakarta, INEWSAIR - Ternyata bukan hanya pemanasan bumi yang menyebabkan salah satu gleiser terkenal Antartika, The Pine Island mencair. Menurut analisa yang di Jakarta, INEWSAIR - Ternyata bukan hanya pemanasan bumi yang menyebabkan salah satu gleiser terkenal Antartika, The Pine Island mencair. Menurut analisa yang di Rating: 0

Leave a Comment

scroll to top