Wednesday , 23 May 2018

Home » LIFE STYLE » HEALTH » Anak Alergi? Kenali sedini mungkin
Anak Alergi? Kenali sedini mungkin

Anak Alergi? Kenali sedini mungkin

dok.istimewa

May 16, 2017 8:57 pm by: Category: HEALTH, LIFE STYLE Leave a comment A+ / A-

Jakarta, INEWSAIR – Kecenderungan alergi pada anak seringkali menyebabkan orang tua kerap membatasi konsumsi anak. Atau bahkan yang sering terjadi, anak-anak sudah dibatasi oleh orang tuanya untuk mengkonsumsi makanan tertentu, yang terindikasi menyebabkan alergi, tanpa mengetahui apakah anak itu alergi terhadap varian tersebut atau tidak.

Padahal membatasi konsumsi tertentu pada anak bisa menyebabkan anak menjadi intoleran terhadap makanan tersebut. Konsultan Alergi Imunologi Anak DR. Dr. Zakiudin Munasir Sp.A(K) menyatakan sebaiknya anak diperkenalkan dengan berbagai varian makanan sehingga badan anak bisa mengenal dan beradaptasi.

“Selain membuat intoleran, membatasi makanan pada anak akan menghambat tumbuh kembang anak. Karena, mungkin saja si anak akan mengalami kekurangan protein yang seharusnya ia peroleh,” kata Dr Zaki usai Platinum Kids Olympics yang diselenggarakan oleh Morinaga  dalam merayakan Allergy Week 2017 di Wisma Aldiron Jakarta, Minggu (14/5).

Dr Zaki menjelaskan bahwa faktor resiko berkembangnya alergi berasal dari genetik, yaitu keluarga dengan riwayat positif alergi.

“Jika kedua orang tua tidak memiliki alergi maka resiko alergi pada turunan adalah 5% sampai 15%. Jika dalam satu keluarga ada satu saudara kandung yang positif alergi, maka resiko alergi yang diturnkan adalah 25% hingga 30%. Jika salah satu orang tua positif alergi, maka resiko alergi yang diturunkan adalah 20% sampai 40%, jika keduanya punya maka persentase turunannya naik menjadi 40% hingga 60%. Tapi jika kedua orangtuanya memiliki tipe alergi yang sama, maka resiko akan meningkat hingga 80%,” papar Dr Zaki.

Tapi, ditegaskan oleh Dr Zaki, kondisi ini tidak perlu menjadi penyebab anak terhambat tumbuh kembangnya, salah satunya adalah dengan memberikan ASI eksklusif yang akan menurunkan resiko alergi pada protein susu sapi.

Pentingnya pengetahuan tentang alergi ini, dijawab oleh Morinaga dengan menggalakkan kampanye tahunan Semua Dari Ingin Tahu, yang tahun ini diwujudkan dengan mempersembahkan program Platinum Kids Olympics yang terdiri dari 3 langkah, yaitu Tau–Cegah&Atasi–Sebar.

Senior Brand Manager Kalbe Nutritionals Dewi Anggraeni menyatakan dengan kampanye ini, Morinaga menginginkan anak yang alergi dapat tetap berprestasi dengan menyediakan informasi seputar alergi di www.cekalergi.com.

“Kami ingin, melalui Kampanye Semua dari Ingin Tau ini, masyarakat luas dapat teredukasi mengenai pentignya pemahaman mengenai alergi pada si kecil. Dimana hal ini sejalan dengan komitmen Kalbe untuk membantu Indonesia sehat,” kata Dewi.

Dewi menguraikan untuk awalnya, masyarakat perlu mengenali terlebih dahulu terkait gejala alergi. Selanjutnya, setelah tahu, maka baru bisa diputuskan produk yang tepat untuk diberikan pada si kecil dengan mempertimbangkan sifat pemicu alergi.

“Sebagai langkah akhir, adalah bersama-sama menyebarluaskan informasi yang tepat mengenai alergi. Sehingga sedini mungkin melakukan pencegahan dan penanganan yang tepat,” tutup Dewi.(AAN)

 

Anak Alergi? Kenali sedini mungkin Reviewed by on . Jakarta, INEWSAIR - Kecenderungan alergi pada anak seringkali menyebabkan orang tua kerap membatasi konsumsi anak. Atau bahkan yang sering terjadi, anak-anak su Jakarta, INEWSAIR - Kecenderungan alergi pada anak seringkali menyebabkan orang tua kerap membatasi konsumsi anak. Atau bahkan yang sering terjadi, anak-anak su Rating: 0

Leave a Comment

scroll to top