Wednesday , 15 August 2018

Home » EKBIS » Aksi Tebar Zakat Jangkau Pelosok Nusantara
Aksi Tebar Zakat Jangkau Pelosok Nusantara

Aksi Tebar Zakat Jangkau Pelosok Nusantara

dok.DD

June 15, 2018 1:21 am by: Category: EKBIS Leave a comment A+ / A-

Jakarta, INEWSAIR – Tebar Zakat Fitrah (TZF) merupakan program pengadaan dan penyaluran beras zakat fitrah yang diamanahkan muzakki kepada mustahik ke wilayah pemberdayaan masyarakat yang dikelola Karya Masyarakat Mandiri (KMM). Pada progam Tebar Zakat Fitrah terdapat semangat gerakan membeli beras langsung dari petani. Pada Ramadhan 1439 H Dompet Dhuafa akan menyalurkan kepada 15.000 mustahik.

Menurut drg Imam Rulyawan, MARS., sebagai Direktur Utama Dompet Dhuafa Filantropi, “Menunaikan zakat fitrah menjadi lebih mudah dan praktis selain itu juga dapat memberi manfaat secara langsung bagi petani, amil, dan mustahik penerima manfaat program demi memudahkan pembagian karena sudah dikemas sesuai standar.”

Perpaduan antara pelaksanaan kewajiban untuk menunaikan zakat fitrah dan pemberdayaan masyarakat dhuafa menjadi kekhasan dari program ini. Dengan berzakat fitrah melalui TZF berarti memberdayakan masyarakat petani miskin yang selama ini didampingi oleh Karya Masyarakat Mandiri. Muzakki cukup menyerahkan dana sebesar Rp50.000,- (lima puluh ribu rupiah) kepada Dompet Dhuafa dengan niat menunaikan zakat fitrah. Dompet Dhuafa melalui Karya Masyarakat Mandiri akan menyalurkan zakat fitrah tersebut dalam bentuk beras seberat 3 kg kepada mustahik di wilayah-wilayah program pemberdayaan dilakukan.

Paket Tebar Zakat Fitrah tersebar di 16 propinsi yang terdiri atas 40 kabupaten di Indonesia mulai dari Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Jogjakarta, Jawa Timur, NTB, NTT, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan hingga Papua Barat. Berkoordinasi dengan jaringan Dompet Dhuafa untuk mendata dan melakukan seleksi calon penerima manfaat beras Zakat Fitrah, Pengaturan Distribusi secara efisien dan efektif ke titik sasaran.

Program Tebar Zakat Fitrah dapat menjadi sarana untuk memperluas jangkuan program bagi penerima manfaat (mustahik) dengan biaya kecil dan waktu yang lebih pendek. Selain itu program tersebut menjadi pendorong bagi pemasaran produk pertanian dengan nilai tambah lebih serta menyambungkan muzzaki untuk menyalurkan kewajiban zakatnya pada kelompok yang berhak. Pada bulan Ramadhan 1439 H ini Penyaluran zakat fitrah Dompet Dhuafa USA menuju Dusun Motean dan Lempong Pucung di Pulau Nusakambangan. Melakukan perjalanan sekitar dua jam dari Pelabuhan Cilacap dengan membawa beras amanah untuk para muzaki sebanyak 1,5 ton untuk disalurkan kepada kaum dhuafa.

Tebar Zakat Fitrah di Dompet Dhuafa. Beras program tersebut disalurkan melalui Koperasi Musara Pakat Jaluk Kecamatan Ketol ke 300 kepala rumah tangga. Melalui 11 sepeda motor trail dari Komunitas Trail Ketol (KTL Adventure) membantu menyalurkan beras zakat fitrah tersebut.(ALI)

Aksi Tebar Zakat Jangkau Pelosok Nusantara Reviewed by on . Jakarta, INEWSAIR - Tebar Zakat Fitrah (TZF) merupakan program pengadaan dan penyaluran beras zakat fitrah yang diamanahkan muzakki kepada mustahik ke wilayah p Jakarta, INEWSAIR - Tebar Zakat Fitrah (TZF) merupakan program pengadaan dan penyaluran beras zakat fitrah yang diamanahkan muzakki kepada mustahik ke wilayah p Rating: 0

Leave a Comment

scroll to top