Monday , 17 December 2018

Home » EKBIS » Kesiapan Industri Asuransi dalam mengasuransikan Barang Milik Negara
Kesiapan Industri Asuransi dalam mengasuransikan Barang Milik Negara

Kesiapan Industri Asuransi dalam mengasuransikan Barang Milik Negara

dok.istimewa

February 3, 2018 11:02 am by: Category: EKBIS Leave a comment A+ / A-

Jakarta, INEWSAIR – Asuransi Barang Milik Negara (BMN) merupakan langkah baru pemerintah di dalam upaya mengelola kekayaan negara. Revaluasi aset negara yang dilakukan pemerintah saat ini telah diatur oleh Peraturan Menteri Keuangan RI Nomor 247/PMK/06/2016. Ini dikarenakan karena Indonesia merupakan wilayah yang sering terkena bencana alam, untuk itu asuransi BMN ini dinilai perlu perhatian khusus.

Menurut Ketua Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) Dadang Sukresna mengungkapkan jika komunikasi intens antara pemangku kepentingan sangat dibutuhkan dalam membahas ini. “Mulai dari pemerintah sebagai Pengelola BMN sebagai tertanggung,” ujarnya.

Adapun sebagai penanggung antara lain Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Badan Meterologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), hingga akademisi.
Adapun BMN yang dapat diasuransikan dibagi menjadi empat kelompok, diantaranya gedung dan bangunan, jembatan, alat angkut serta BMN yang telah ditentukan Menteri Keuangan sebagai pengelola barang.

Sementara itu, menurut Direktur Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan Isa Rachmatawarta menyampaikan, asuransi barang milik negara merupakan langkah baru dalam mengelola kekayaan negara. Meski kebijakan telah ada dengan penerbitan PMK tentang pengasuransian barang milik negara, tetapi kebijakan ini tidak mudah karena nilainya yang besar.
Nilai kekayaan negara berupa Barang Milik Negara tercatat sekitar 2100 triliun, Sehingga pemerintah pun masih melakukan revaluasi aset yang baru tercapai 38% dengan potensi peningkatan dapat mencapai tiga kali lipat.

“Kami berencana ingin mengasuransi semua asset negara, maka berapa banyak biaya yang harus dikeluarkan,” ungkapnya. Untuk itu, perlu kerjasama dengan industri asuransi agar kebijakan ini dapat menunjukkan progres yang cepat. (JOY)

Kesiapan Industri Asuransi dalam mengasuransikan Barang Milik Negara Reviewed by on . Jakarta, INEWSAIR – Asuransi Barang Milik Negara (BMN) merupakan langkah baru pemerintah di dalam upaya mengelola kekayaan negara. Revaluasi aset negara yang di Jakarta, INEWSAIR – Asuransi Barang Milik Negara (BMN) merupakan langkah baru pemerintah di dalam upaya mengelola kekayaan negara. Revaluasi aset negara yang di Rating: 0

Leave a Comment

scroll to top